Pemerintah Kota Surakarta
Pengukuhan Nasi Liwet, Ikon Kuliner Kota Bengawan
  June 23, 2022 13:30

Telah diadakan Pengukuhan Nasi Liwet menjadi ikon kuliner Kota Solo, yang bertempat di Halaman Balaikota Surakarta. Agenda ini berlangsung pada hari Minggu (19/6/2022), yang dihadiri oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, dan berbagai komunitas, tokoh budaya, bahkan juga keluarga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pura Mangkunegaran, dan perwakilan dari Keraton Yogyakarta.

Untuk memeriahkan acara, dibuka dengan dua penampilan tari tradisional yang dibawakan penari dari sanggar Gendewa Pinenthang. Sekaligus, menjadi acara pembuka untuk mengawali prosesi pengukuhan. Kemudian diikuti dengan pelepasan balon oleh semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Pengurus  Forum Budaya Mataram (FBM). Acara dilanjutkan dengan adanya penyerahan nasi liwet secara simbolis kepada para pejabat. 

Penandatanganan pengukuhan dilakukan oleh FBM. Lalu, acara Pengukuhan Nasi Liwet ditutup dengan pentas tari dari sanggar Binaan FBM. Selain itu, dibagikan juga 1000 pincuk nasi liwet secara gratis untuk masyarakat sekitar yang sedang beraktivitas di kawasan Solo Car Free Day (CFD).

Solo yang dikenal sebagai kota budaya, tak hanya dikenal obyek wisatanya saja, melainkan juga makanan khas yang dimilikinya. Salah satu kuliner asli Solo adalah nasi liwet. Kudapan satu ini berupa nasi yang dimasak dengan berbagai rempah dan bumbu, sehingga menghasilkan nasi gurih. Lalu, cara makannya ditambah dengan bahan pelengkap areh, telur, dan sayur pepaya. Jika berkunjung ke Kota Solo, kita akan menemukan banyak penjual nasi liwet berjajar di setiap sudut kota. 

Dengan ditetapkannya nasi liwet sebagai ikon Kota Solo diharapkan mampu menguatkan destinasi wisata khususnya dalam bidang kuliner di kota ini. Maka, dapat menambah pula peningkatan sektor ekonomi bagi warga Solo.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

299

Visitors today

196

Visits total

363,865

Visitors total

285,231

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta