Pemerintah Kota Surakarta
Kumandang Keroncong ing Mangkunegaran
  June 26, 2022 12:16

Sebagai salah satu sumber budaya yang masih memperhatikan keaslian peninggalan sejarah berupa benda maupun non benda, Pura Mangkunegaran menyelenggarakan kegiatan Kumandang Keroncong ing Mangkunegaran setiap hari Sabtu mulai tanggal 11 Juni 2022, acara diadakan pukul 20.00-selesai. Pengisi acara ini adalah Orkes Keroncong Mangkunegaran, Alunan Semut Ireng yang dibina secara langsung oleh KGPAA Mangkunegara X. 

Acara yang bertempat di Lapangan Pamedan, Pura Mangkunegaran ini terbuka bagi masyarakat umum. Masyarakat dipersilahkan hadir, menikmati alunan musik dan berpartisipasi menyumbangkan suaranya. Penyanyi dan para pemusik, 90% merupakan para abdi dalem Pura Mangkunegaran yang aktif mendukung kemajuan seni dan budaya. Keroncong sebagai genre musik khas Indonesia memang sudah sepantasnya untuk dilestarikan oleh para penggiat musik keroncong dan pemerintah. 

Dalam pelaksanaannya, Kumandang Keroncong ing Mangkunegaran disambut dengan antusias oleh para penikmat keroncong. Beberapa penyanyi senior seperti Tutik WD, Fatma, Heru Sumaryo, dan Tutria turut memeriahkan acara ini. Karena acara ini berada di luar ruangan, saat hujan datang dipindahkan di teras Pamedan Mangkunegaran, suasana hujan memang bukan halangan untuk tetap melanjutkan. 

Dengan diselenggarakannya acara ini, menjadi salah satu perwujudan peran Pura Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Jawa. Di era banyak gempuran musik-musik mancanegara, Pura Mangkunegaran mengangkat salah satu musik khas Indonesia. Hal ini juga bukan semata-mata untuk melestarikan keroncong pada generasi muda saja, tapi diharapkan seluruh masyarakat dapat ikut serta bergabung dan berkarya dalam Kumandang Keroncong ing Mangkunegaran. 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

297

Visitors today

194

Visits total

363,863

Visitors total

285,229

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta