Pemerintah Kota Surakarta
Rekomendasi Kuliner Legendaris Kota Solo
  June 26, 2022 13:20

Wisata kuliner menjadi salah satu pilihan yang menarik ketika berkunjung ke Kota Solo. Berbagai jenis menu masakan dan makanan khas kota ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Kuliner yang berkembang hingga saat ini merupakan warisan dari nenek moyang yang masih terus dilestarikan oleh generasi berikutnya. Rasa dan resep yang disajikan tidak berubah dan masih otentik. Alasan inilah yang membuat kuliner asli Solo tetap menjadi favorit bagi wisatawan yang datang.

Beberapa rekomendasi kuliner legendaris yang bisa kamu coba saat ke Solo, yaitu pertama, timlo Solo. Salah satu warung timlo yang terkenal adalah Timlo Sastro Balong ini berlokasi di salah satu sudut Pasar Gedhe. Warung ini buka dari pagi pukul 06.30 WIB sampai pukul 15.30 WIB. Kudapan ini terdiri dari potongan hati ampela ayam, telur pindang, sosis Solo, wortel, dan bahan pelengkap lainnya. Kemudian, penyajiannya disiram dengan kuah bening yang rasanya gurih.

Kedua, selat Solo. Warung selat yang terkenal di Solo, berdiri sejak tahun 1985, tepatnya berada di Kelurahan Serengan, dengan nama Warung Selat Mbak Lies. Makanan ini mirip dengan salad sayuran. Berisi berbagai jenis sayuran, antara lain wortel, kentang, buncis, serta selada yang dipadukan dengan protein berupa telur dan irisan daging sapi. Bedanya, selat Solo terdapat tambahan kuah manis dan gurih ketika disajikan.

Ketiga, tengkleng klewer Bu Edi. Tak lengkap rasanya, jika sudah sampai di Solo tapi tidak mencoba makanan yang satu ini. Tengkleng merupakan olahan dari tulang kambing yang mirip dengan gule. Rasanya gurih dengan sedikit pedas yang berpadu aroma rempah-rempah. Dinamakan tengkleng karena dulunya masyarakat masih menggunakan piring berbahan seng. Apabila digunakan untuk menaruh tulang-tulang tersebut akan menimbulkan suara “kleng..kleng..” dari situlah penyebutan tengkleng bermula. 

Keempat, sate kere. Kedengarannya mungkin sangat unik. Seperti pada umumnya sate, makanan ini berisi sate jeroan atau sate gembus yang diguyur sambal kacang dan dimakan bersama potongan lontong. Salah satu penjual sate kere yang terkenal di Solo adalah Warung Sate Kere Yu Rebi. Lokasinya berada di belakang stadion Sriwedari. Tak diragukan lagi, karena warung ini sudah buka dan populer sejak tahun 1986. 

Kelima, serabi notosuman. Kudapan manis gurih yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini, merupakan kuliner yang melegenda di Solo. Penamaan serabi notosuman berasal dari nama jalan lokasi berdirinya toko yaitu di Jalan Notosuman yang kini menjadi Jalan Mohammad Yamin. Saat ini, serabi notosuman sudah memiliki banyak cabang.

Itulah beberapa rekomendasi informasi kuliner khas Solo yang bisa kamu coba! Yuk, jalan-jalan ke Kota Solo!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

281

Visitors today

180

Visits total

363,847

Visitors total

285,215

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta