Pemerintah Kota Surakarta
CAPTCHA: Definisi dan Fungsi
  July 3, 2022 12:18

Ketika Anda mengunjungi suatu website, maka akan diminta untuk mengisi rangkaian huruf, angka, maupun gambar. Kode ini dinamakan dengan captcha. Berdasarkan pengertiannya, captcha diartikan sebagai fitur yang memberikan lapisan keamanan pada website untuk memastikan bahwa website diakses oleh manusia sungguhan, bukan robot. Fitur ini diatur secara otomatis, maka setiap pengunjung yang masuk website tersebut harus mengisinya.

Seringkali, orang hanya mengikuti perintah untuk mengisi kode yang diminta, tanpa tahu apa sebenarnya kegunaan captcha. Beberapa fungsi captcha, antara lain mencegah terjadinya komentar spam di website. Banyak sekali komentar yang berasal dari luar produk atau tidak sesuai dengan topik artikel. Dengan captcha, hal tersebut dapat dicegah dan diminimalisir. Sebab, adanya komentar yang tidak relevan, berpotensi menyebabkan website dihapus dari hasil pencarian Google.

Kemudian, captcha dapat mencegah pendaftaran akun palsu. Hadirnya akun palsu, mampu menimbulkan reputasi alamat email marketing yang Anda miliki menjadi tidak baik. Fatalnya, jika ini terus menerus terjadi, maka pihak Gmail atau Yahoo akan menilai performa alamat email tersebut menjadi buruk. Dengan demikian, apabila Anda mengirim email, akan masuk ke spam penerima. Tak hanya itu saja, akun palsu juga bisa mencuri data penting yang kita unggah dalam website.

Captcha juga berfungsi mengamankan transaksi online di website. Penggunaan captcha, berfungsi untuk memastikan bahwa yang melakukan transaksi dalam sebuah website adalah benar-benar manusia. Karena, jika itu robot maka dapat menciptakan customer experience yang kurang baik. Inilah yang sangat mempengaruhi pada penjualan toko online Anda.

Selain itu, adanya captcha mampu melindungi alamat email dari scraper. Diartikan sebagai ancaman menyangkut keamanan sebuah website,  scraper adalah sebuah bot yang bisa mencuri dan mengekspor alamat email yang bahkan bisa berujung pengambilan akses. Maka, fungsi captcha disini untuk menyembunyikan alamat email Anda dari scraper. Sehingga spammer tidak dapat sembarangan mengirim spam dan mencari alamat email Anda.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

14

Visits total

425,344

Visitors total

330,677

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta