Pemerintah Kota Surakarta
Sisi Lain Jembatan Mojo, Terdapat Bangunan Cagar Budaya
  July 8, 2022 14:46

Tahukah kamu? Ternyata Jembatan Mojo yang menghubungkan Kota Solo dengan Kecamatan Mojolaban di Kabupaten Sukoharjo ini ternyata dikenal sakral dan dianggap bersejarah. Hal itu dikarenakan terdapat gapura megah peninggalan PB X yang terletak di sebelah sisi jembatan. Gapura ini dulunya menjadi penanda batas wilayah. 

Gapura peninggalan PB X ini berada di sisi kanan dan kiri jembatan. Letaknya lebih rendah dari jembatan, sehingga tidak terlihat oleh orang-orang yang melintasi jembatan tersebut. Bahkan orang yang melintasi jembatan pun tidak akan menyadari ada gapura di bawah Jembatan Mojo. Bangunan gapura ini memiliki juga nilai sejarah yang cukup kuat karena merupakan peninggalan era Paku Buwono (PB) X. 

Pada jaman dulu di tahun 1800-an, sebelum adanya Jembatan Mojo kawasan tersebut merupakan sebuah dermaga aktif pada masa Putra Mahkota PB IV. dermaga tersebut aktif pada era PB IV yaitu Raden Mas Sugandi. Sedangkan pembangunan gapura baru dilakukan pada masa pemerintahan PB X. Pada waktu itu gapura ini difungsikan sebagai batas pintu masuk dan menjadi penanda batas wilayah. 

Bangunan gapura yang terletak di Jembatan Mojo ini juga sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surakarta. Maka dari itu seorang budayawan dari Kecamatan Pasar Kliwon, menyarankan agar pihak terkait yang akan melakukan renovasi jembatan untuk meminta izin serta menjaga sopan santun selama proyek berlangsung. Hal ini dikarenakan agar bangunan gapura cagar budaya yang ada di jembatan tersebut tetap terjaga kelestariannya.

Selain meminta izin dan menjaga sopan santun, sebelum proses renovasi dilakukan diawali dengan bancakan atau memetri dengan jenang merah, jenang putih dan kembang tujuh rupa. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati para leluhur terdahulu yang ikut serta dalam proses pembangunan gapura peninggalan PB X tersebut.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta