Pemerintah Kota Surakarta
Mengulik Wayang Orang Sriwedari yang Berbeda dengan Wayang Orang Lainnya
  July 10, 2022 14:39

Pernahkah kamu menonton pertunjukan Wayang Orang? Sebuah pertunjukan yang menggabungkan antara seni drama yang berasal dari budaya barat dengan pertunjukan wayang yang berasal dari jawa. Wayang orang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Wayang orang sendiri diciptakan oleh Kanjeng Pangeran Adipati Arya I pada tahun (1757 – 1795) yang berasal dari mangkunegaran. 

Jika mendengar kata wayang orang, pasti juga tidak asing dengan Wayang Orang Sriwedari tentunya. Wayang Orang Sriwedari (WOS) ini berasal dari Kota Solo dan sudah melegenda sejak dulu. Mengapa bernama Wayang Orang Sriwedari karena seni pertunjukan ini dipentaskan di Gedung Wayang Orang Sriwedari di Kota Solo. 

Kesenian WOS ini berbeda dari wayang orang lainnya. Karena di WOS menyajikan cerita pewayangan dengan cara yang berbeda. Bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai paket komplit seni pertunjukan karena didalamnya terdapat seni tari, musik pedalangan dan drama. Banyak orang yang datang jauh-jauh dari luar kota hanya demi bisa menyaksikan pertunjukan WOS ini. Hal ini dikarenakan di pertunjukan WOS ada sebuah babak bernama “Gara-gara” yang menampilkan empat tokoh punakawan yang melucu. Inilah yang membuat WOS spesial dari pertunjukan lainnya. 

Wayang Orang Sriwedari kini telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Surakarta. Para pemain WOS diangkat menjadi pegawai Pemkot Solo, bahkan ada beberapa pemain yang berstatus sebagai PNS. Hal inilah yang kemudian menjadikan Wayang Orang Sriwedari bisa pentas secara rutin di GWO. Dukungan dari Pemkot Solo ini berhasil membuat eksistensi WOS tetap terjaga. Bahkan bisa bertahan hingga kini berusia lebih dari 110 tahun lamanya, sejak pertama kali didirikan pada tahun 1911 silam. 

Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari ini sekarang bisa disaksikan setiap hari Kamis, Jumat dan Sabtu di Gedung Wayang Orang Solo.  Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri yaitu sebesar Rp. 10.000,00. Untuk pembelian tiket masuk pertunjukan WOS dapat dipesan secara online dengan menghubungi di nomor reservasi 089518178996, atau bisa didapatkan secara langsung pada loket tiket di Gedung Wayang Orang Sriwedari setelah pukul 17.00 sore. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,152

Visitors total

330,553

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta