Pemerintah Kota Surakarta
Venue ASEAN Para Games 2022
  July 11, 2022 13:45

ASEAN Para Games yang akan digelar di Kota Surakarta pada tanggal 26 Juli sampai 6 Agustus 2022, rencananya akan mengambil empat lokasi kota/kabupaten. Diantaranya Surakarta, Karanganyar, Semarang dan Sukoharjo. Dalam keempat lokasi tersebut, telah dibagi beberapa venue untuk cabang olahraga yang berbeda, antara lain Stadion Manahan, Tennis Court Manahan, Paragon Hotel, Edutorium UMS, GOR FKOR UNS, Stadion UNS, GOR UNS Kentingan, GOR SRITEX Arena, Lapangan Kota Barat, Tirtonadi Sport Hall, Tirtonadi Convention Hall, GOR UTP Karanganyar, LORIN Dwangsa, dan Stadion Jati Diri Semarang. 

Event ini akan menampilkan 14 cabang olahraga untuk dikompetisikan. Keempatbelas cabang olahraga tersebut juga akan ditempatkan dalam venue yang berbeda. Untuk Para athletics akan digelar di Stadion Manahan. Lokasinya ada di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Kemudian, cabang olahraga para swimming, akan ditempatkan di Stadion Jati Diri, tepatnya Karangrejo, Gajah Mungkur, Kota Semarang.

Sedangkan, Paragon Hotel yang terletak di  Jalan Dr. Sutomo, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, akan dijadikan tempat untuk cabang olahraga para powerlifting. Lalu, kompetisi para catur akan dilaksanakan di LORIN Dwangsa, yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No.47, Kenaiban, Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Untuk cabang olahraga  goalball, bertempat di Gedung Olahraga Universitas Sebelas Maret (UNS) lokasinya ada di Jalan Ir. Sutami Nomor 36 Kentingan, Jebres, Surakarta.

Sementara, wheelchair tennis ditempatkan di Tennis Court yang letaknya berada di kawasan Stadion Manahan. Untuk cabang olahraga para badminton, digelar di Edutorium KH. Ahmad Dahlan milik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dan cabang olahraga lainnya, seperti boccia di GOR FKOR UNS Solo, blind judo di Tirtonadi Convention Hall, tenis meja di Tirtonadi Sport Hall, wheelchair basketball di GOR Sritex Arena, para archery di Lapangan Kota Barat, sitting volleyball di GOR UTP Karanganyar, serta CP football di Stadion UNS Solo.

Seluruh kebutuhan dalam mendukung keberhasilan ASEAN Para Games 2022 telah dipersiapkan pemerintah dengan matang. Diharapkan, event internasional ini dapat menjadi wadah para penyandang disabilitas untuk terus berkarya dan berprestasi. Selain itu, pemilihan beberapa venue yang menjadi lokasi ikonik di Kota Solo, dapat dijadikan kesempatan untuk menunjukkan destinasi wisata olahraga yang bisa dikunjungi jika datang ke kota ini.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta