Pemerintah Kota Surakarta
Instruksi Presiden Terkait Penggunaan Masker Baik di dalam atau di luar Ruangan
  July 19, 2022 13:14

Baru-baru ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Hal ini dikarenakan kemunculan varian baru dari virus Covid-19 yaitu varian BA.4 dan BA.5. Kemunculan kasus varian baru ini pertama kali ditemukan di Bali pada bulan Juni kemarin. Kasus konfirmasi harian bahkan nyaris menembus hingga 3.000 kasus. Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19, kasus terkonfirmasi positif kemarin mencapai 2.576 kasus. Penyumbang terbesar dari kasus tersebut berasal dari Provinsi DKI Jakarta yaitu sebanyak 1.675 kasus, yang kemudian disusul oleh Jawa Barat sebanyak 308 kasus, Banten 257 kasus, Jawa TImur 143 kasus dan Bali sebanyak 83 kasus. 

Mengingat kasus harian Covid-19 yang terus naik, maka Presiden Joko Widodo menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar terus menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum. Bukan cuma didalam ruangan saja, akan tetapi saat berada diluar ruangan atau tempat terbuka juga tetap menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menghadiri Salat Iduladha di Masjid Istiqlal pada hari Minggu 10 Juli 2022. 

Himbauan tersebut ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia, terutama pada kota-kota dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Hal ini ditujukan semata-mata untuk menekan pencegahan penyebaran Virus Covid-19 yang masih ada hingga saat ini. Sikap disiplin menggunakan masker merupakan bentuk kehati-hatian kita sebagai upaya bersama dalam menekan penularan virus Covid-19. 

Selain menggunakan masker, kita juga harus tetap menjaga protokol kesehatan dan menerapkan prinsip 5M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian. Selain protokol kesehatan, Presiden Jokowi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar melengkapi vaksinasi hingga vaksin ketiga atau vaksin booster. Untuk yang belum mendapatkan vaksinasi, bisa dengan segera mengunjungi puskesmas atau sentra vaksinasi terdekat. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta