Pemerintah Kota Surakarta
Manfaat Penanaman Pohon di Tepian Jalan Raya
  July 21, 2022 13:45

Cuaca panas yang akhir-akhir ini kita alami terkadang membuat kita enggan untuk beraktivitas keluar rumah. Bahkan sekadar untuk berkendara di jalan raya saja kita kerap menghindari panas terik matahari dengan meneduh di bawah bayangan pohon yang ditanam di pinggir jalan. Maka dari itulah mengapa kita memerlukan pohon peneduh jalan raya. 

Apa sih pohon peneduh itu? Pohon peneduh adalah jenis tanaman yang berbentuk pohon dengan percabangan yang tingginya lebih dari dua meter dan dapat memberikan keteduhan serta menahan silau cahaya matahari yang terpancar. 

Pohon peneduh tersebut memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai paru-paru kota karena tumbuhan tersebut menghasilkan kadar oksigen yang cukup banyak, penyerap gas CO2 (karbon dioksida) yang ada di udara, peredam kebisingan dari suara kendaraan bermotor yang berlalu lalang di jalan raya serta sebagai habitat alami dari para burung. 

Maka dari itu, penanaman pohon peneduh ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat banyaknya manfaat yang dihasilkan dari pohon peneduh tersebut. Selain itu, pohon peneduh juga diperlukan ditanam di pinggir jalan guna menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari polusi udara yang buruk dan dapat meredam kebisingan dari suara kendaraan bermotor yang berlalu lalang. Sehingga dapat menjaga keseimbangan lingkungan dan menjaganya dari pencemaran dan polusi udara. 

Apabila pohon peneduh jalan ini tidak ditanam, maka kestabilan lingkungan dapat terganggu sehingga bisa menyebabkan kualitas udara yang buruk. Tentu hal ini juga akan berdampak pada kesehatan manusia yang tinggal di lingkungan sekitar. Karena kualitas udara yang buruk bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru kita.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta