Pemerintah Kota Surakarta
Solo Keroncong Festival 24-25 Juli 2022
  July 23, 2022 13:10

Solo Keroncong Festival 2022 akan kembali diselenggarakan di Kota Solo. Acara ini digelar selama dua hari berturut-turut yaitu pada tanggal 24-25 Juli tahun 2022, di Pamedan Pura Mangkunegaran. Pada tahun ini, Solo Keroncong Festival akan digelar dengan tema “Keroncong Fusion” dengan taglinenya yaitu Witing Keroncong Jalaran Saka Kulina.

 

Solo Keroncong Festival merupakan sebuah event yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Tujuan dari diadakannya event ini adalah untuk melestarikan musik keroncong serta sebagai wadah kegiatan bagi para penggiat musik keroncong di Solo. acara ini sudah berlangsung selama kurang lebih 13 tahun dan pertama kali digelar pada tahun 2009. 

 

SKF tahun ini akan menampilkan musik keroncong yang bercampur padu dengan genre musik populer seperti pop, campursari dan jazz. Pagelaran ini nanti akan menampilkan 11 grup orkes keroncong nasional dan internasional serta dimeriahkan oleh penampilan dari beberapa bintang tamu. 

 

Beberapa artis yang akan tampil di acara tersebut diantaranya Jaya Suprana, Waldjinah, Trisum (Dewa Budjana, Tohpati, Balawan), Singgih Sanjaya – Light Keroncong Orchestra (DIY), Trio Suara Pamora, Dewi Gita, Putri Ayu, Yan Vellia, Elizabeth Sudira, Kukuh Prasetya Kudamai, Abah Lala, Whawin Laura, Ardha, Dony Koeswinarno & Keroncong Indonesiaku, Esti Sundari, Robertus Grassianus. 

 

Kemudian akan terdapat penampilan spesial dari beberapa grup keroncong dari Indonesia maupun Internasional. Diantaranya Voca Erudita (UNS Solo), Svarama (Semarang), Keroncong Bayu SG (Singapura), UP Rondhalla (Filiphina), Senandung Budaya (Brunei Darussalam), OK. Candra Kirana (Bali), OK Buana Lestari (Sawahlunto), Komunitas Keroncong Muda Surakarta, Wonderful Solo Carnival 2022, OK Alunan Semut Ireng (Pura Mangkunegaran) dan OK Young Javaro Jagad Keroncong Nusantara Surakarta. 

 

Acara ini terbuka untuk umum dan untuk tiket masuknya sendiri tidak dipungut biaya alias gratis. Pertunjukan ini juga akan tayang secara Live Streaming di Youtube Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta, Pariwisata Solo, Budaya Saya, Kompas TV dan Gibran TV.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3,198

Visitors today

2,879

Visits total

504,153

Visitors total

400,041

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta