Pemerintah Kota Surakarta
Bagaimana Nasib Stasiun Kota Sangkrah Kini?
  August 2, 2022 13:23

Bagi warga Solo Stasiun Sangkrah atau Stasiun Solo Kota pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka. Sebuah stasiun yang dibangun pada tahun 1992 oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij itu masih beroperasi hingga kini. Dulunya stasiun tersebut digunakan sebagai stasiun kota yang menyediakan kereta yang melayani perjalanan dari Solo ke Wonogiri. Konon katanya yang menaiki kereta saat itu hanyalah orang Belanda, China atau pengusaha kaya pribumi. Hal tersebut dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk menaiki kereta tersebut cukup mahal. 

 

Setelah beroperasi selama beberapa tahun, kemudian stasiun Sangkrah sempat ditutup pada tahun 2000 untuk waktu yang cukup lama. Meskipun sempat ditutup dan vakum selama beberapa tahun, tapi kini Stasiun Sangkrah telah beroperasi kembali. Sejak dibuka kembali pada tahun 2015 lalu, Stasiun Sangkrah masih melayani perjalanan ke Sukoharjo dan Wonogiri hingga kini. 

 

Dibukanya kembali jalur kereta api di Stasiun Sangkrah oleh Pemerintah Kota Surakarta, dinilai sebagai langkah dalam mengurangi kepadatan lalu lintas yang masuk ke Kota Solo. Stasiun Sangkrah ini memiliki jalur kereta api yang menghubungkan antara Stasiun Jebres hingga Wonogiri. Kereta yang melayani perjalanan dari Solo ke Wonogiri ini adalah sebuah railbus bernama Bathara Kresna. Kereta ini melewati jalur kereta di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Untuk tarifnya sendiri, yaitu sekitar 4 ribu rupiah saja.

 

Selain railbus Bathara Kresna, Stasiun Sangkrah juga telah menjadi terminus untuk kereta api uap wisata bernama Sepur Kluthuk Jaladara. Kereta ini memiliki rute menyusuri rel sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Sepur Kluthuk Jaladara ini diresmikan penggunaanya oleh Menteri Perhubungan, Jusman Syafi’i Djamal pada tanggal 27 September 2009. 

 

Kini kereta api uap Sepur Kluthuk Jaladara yang melintasi Kota Solo itu menjadi pemandangan yang menarik dan unik bagi wisatawan yang baru pertama kali datang. Kereta ini dinilai sebagai satu-satunya kereta yang melintasi jalan raya. Maka dari itu Pemkot Solo berusaha semaksimal mungkin dengan mengadakan revitalisasi dan melakukan peremajaan terhadap rel yang dilintasi oleh kereta tersebut. Hal ini dilakukan demi menjaga keunikannya dan agar tetap lestari. 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

258

Visitors today

204

Visits total

380,854

Visitors total

298,073

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta