Pemerintah Kota Surakarta
Tips Mengelola Daging Beku Agar Aman
  August 4, 2022 14:10

Daging merupakan salah satu makanan pokok 4 sehat 5 sempurna. Hampir semua jenis daging memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh jika dimasak dengan tepat. Namun, untuk menyimpan dan mengelola daging sendiri membutuhkan perhatian yang ekstra,  agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Nah berikut ini adalah beberapa tips mengelola daging beku agar aman untuk dikonsumsi.

 

Hal pertama yang harus diingat adalah, jangan pernah sekali-kali mencuci daging yang akan dibekukan. Karena, air bisa mempercepat pertumbuhan bakteri, sehingga daging yang disimpan bakal cepat busuk.  Jadi sebaiknya hindari mencuci daging kalau tidak segera memasaknya.

 

Untuk menyimpan daging di dalam lemari es atau freezer,  lakukan double protection pada daging, yaitu membungkus daging menggunakan plastik dan alumunium foil, lalu masukan daging yang sudah dibungkus kedalam wadah kedap udara. Hal itu dilakukan agar daging tidak terkena langsung suhu dingin lemari es. Sehingga bisa memaksimalkan daya simpan daging.

 

Saat akan melunakkan daging beku yang akan dimasak, jangan diamkan daging di suhu ruangan. Karena dengan cara itu, justru dapat meningkatkan kemungkinan bakteri berkembang biak. Hal itu dapat berisiko membawa penyakit dan merusak cita rasa daging. Nah, cara mengatasi nya adalah mendiamkan daging di suhu lemari es, dan tunggu hingga es mencair. Jika bongkahan es telah mencair, Anda bisa langsung mengolahnya.

 

Daging yang sudah berada di suhu ruang lebih dari dua jam, sebaiknya tidak dibekukan kembali dan harus segera dimasak saat itu juga agar mencegah daging terkontaminasi oleh bakteri. Akan tetapi, jangan mengolah daging yang masih beku, karena akan mempengaruhi tingkat kematangan dan kandungan nutrisinya. 

 

Menyimpan dan mengolah daging memang butuh banyak kesabaran dan juga perhatian lebih. Karena makanan yang sehat, tidak hanya dilihat dari cara masak dan hasil masakan nya saja, tetapi juga bagaimana cara penyimpanannya.

 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

314

Visitors today

202

Visits total

363,880

Visitors total

285,237

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta