Pemerintah Kota Surakarta
Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  August 17, 2022 13:05

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Indonesia merdeka ditandai dengan pembacaan teks proklamasi pada tanggal 17 Agustus oleh Soekarno. Lantas apa sajakah makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia sendiri? Apakah kemerdekaan ini merupakan sebuah hadiah dari tangan penjajah? 

 

Secara rinci berikut makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Pertama, sebagai puncak perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah banyak berkorban dalam menentang kaum penjajahan. Sehingga kemerdekaan sangat diharapkan oleh para pejuang agar bangsa Indonesia bisa segera mengakhiri penderitaannya. Kemerdekaan yang telah dicapai dan didapatkan ini, merupakan tahap akhir dari sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia itu sendiri. 

 

Kedua, bebas dari penjajahan. Dengan kemerdekaan yang telah didapat, ini berarti bahwa bangsa Indonesia telah mendapat kebebasannya dari segala macam bentuk penindasan dan penjajahan bangsa asing. Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, maka bangsa Indonesia memiliki kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri, serta bertanggung jawab mandiri dalam berbangsa dan bernegara. 

 

Ketiga, sebuah revolusi baru telah dimulai. Dengan adanya proklamasi kemerdekaan Indonesia, berarti menandakan dimulainya sebuah revolusi baru. Dikatakan sebuah revolusi baru, karena terjadi perubahan yang mendasar dan cepat. Hal ini berarti terjadi pemindahan kekuasaan negara dari penjajah ke negara yang merdeka dan berdaulat. 

Yang keempat, sebagai berkah Tuhan Yang Maha Kuasa. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan sebagai hasil dari perjuangan bangsa Indonesia sendiri. Hal ini memiliki arti bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah sebuah hadiah yang diberikan penjajah Jepang sebagaimana yang dijanjikan. Kemerdekaan Indonesia didapatkan atas pengorbanan jiwa, raga, maupun harta. 

Kelima, pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur. Makan lain dari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu, sebagai pintu gerbang bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Hal ini berarti kemerdekaan adalah sebuah fase penting yang harus dilalui untuk meneruskan perjuangan ke fase berikutnya. 

 

Itulah beberapa makna yang bisa kita lihat dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang patut kita hargai. Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kita harus menghargai perjuangan bangsa Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaannya, serta ikut bangga dengan kemerdekaan Indonesia. 

 

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta