Pemerintah Kota Surakarta
Peran Pramuka dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa
  August 13, 2022 12:45

Dari sekian banyak kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang bisa dipilih, kegiatan pramuka merupakan salah satu kegiatan yang bisa memberikan banyak manfaat baik. Jauh dari anggapan bahwa pramuka itu ketinggalan zaman, berbagai kegiatan pramuka akan membuat siswa menjadi pribadi yang tangguh menghadapi tantangan di masa depan.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Gerakan Pramuka bersifat mandiri, artinya penyelenggaraan organisasi dilakukan secara otonom dan bertanggung jawab. Gerakan Pramuka bersifat sukarela, artinya kesediaan anggota Gerakan Pramuka untuk secara suka dan rela menaati ketentuan dan peraturan di lingkungan Gerakan Pramuka.

Dengan mengikuti kegiatan pramuka, siswa akan mendapatkan berbagai manfaat yang akan berguna bagi kehidupan sehari-hari para siswa. Diantaranya adalah menjadi pribadi yang lebih mandiri, melatih kedisiplinan, gotong royong dan kebersamaan, meningkatkan kepedulian, belajar mencintai alam, belajar organisasi dan bekerjasama, melatih kepemimpinan dan kreativitas.

Beberapa kegiatan pramuka yang dilakukan dalam rangka melatih rasa disiplin dan mandiri para siswa meliputi latihan rutin setiap hari Jumat, upacara penerimaan pramuka penegak tamu, kemah pelantikan penegak calon, kegiatan ibadah, kegiatan bakti kampus dan bakti masyarakat.

Harapannya, kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang selama ini menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib, bisa terus berkembang dan senantiasa menciptakan generasi muda yang disiplin dan mandiri, sehingga bisa menerapkan ilmu yang didapat Ketika dalam kegiatan pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1,575

Visitors today

1,454

Visits total

471,879

Visitors total

371,377

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta