Pemerintah Kota Surakarta
Jalan-jalan Keliling Solo Naik BST
  September 1, 2022 12:15

Salah satu fasilitas publik yang sangat mudah ditemui ketika berkunjung ke Kota Solo adalah transportasi umumnya. Disini kita bisa menjangkau setiap sudut kota dengan memanfaatkan Batik Solo Trans (BST). Transportasi ini berupa bus umum yang dilengkapi dengan fasilitas nyaman dan aman bagi penumpangnya. Dengan begitu, wisatawan tak perlu khawatir lagi jika ingin jalan-jalan ke Kota Solo. 

 

Untuk menghindari penumpukan penumpang, rute BST ini terbagi dalam beberapa koridor. Dimana seluruh koridornya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Selain itu, kedatangan bus satu dengan lainnya lebih terkondisikan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Sehingga, penumpang tidak lagi menunggu lama di halte untuk menanti bus yang datang. 

 

Adanya Air Conditioner (AC) sebagai fasilitas BST juga semakin menambah kenyamanan menaiki bus ini. Oleh karena itu, asap kendaraan tidak dapat masuk ke ruangan bus yang menjadikan penumpang tidak nyaman. Kursi yang disediakan pun lebih nyaman, maka tidak membuat badan sakit apabila memiliki perjalanan yang lumayan jauh dengan BST. Kemudian, ruangan bus yang bersih serta aroma bus yang wangi, pelayanan yang ramah kepada penumpang, dan tentunya tembang-tembang daerah yang selalu diputar akan membuat penumpang merasa rileks berada di dalamnya.

 

Bahkan, tarif BST hingga kini masih gratis atau tidak ada tarif yang dibebankan kepada penumpang. Namun, terlebih dahulu penumpang harus melakukan tap-in dengan menempelkan e-money (Mandiri e-money, BCA flazz, BRI brizzi, BNI tap cash) pada mesin yang tersedia dalam bus. Meskipun demikian, saldo dalam e-money milik penumpang tidak terpotong. Hal ini sekaligus memberikan edukasi kepada penumpang mengenai penggunaan e-money dalam fasilitas publik.

 

Selain itu, penumpang juga bisa memanfaatkan aplikasi Teman Bus untuk melakukan tap-in ketika naik BST. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store dan App Store. Fitur yang ada didalamnya, meliputi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, seperti info jadwal, rute perjalanan, dan lokasi halte terdekat.

 

Adanya transportasi umum ini lebih memudahkan masyarakat dan juga wisatawan menjangkau beberapa tempat di Kota Solo. Tetapi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan koridor yang sesuai dengan tempat tujuan ya! Yuk, cobain keliling Solo naik BST!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta