Pemerintah Kota Surakarta
Blangkon Fest 2022
  September 4, 2022 12:30

Blangkon merupakan salah satu bagian dari pakaian tradisional yang menjadi identitas kebudayaan Jawa. Blangkon sendiri berupa penutup atau ikat kepala yang digunakan oleh laki-laki sebagai pelengkap busana Jawa. Menariknya, blangkon memiliki makna filosofis yang mendalam. Terdapat suatu pengharapan bagi pemakainya mengenai nilai-nilai hidup. Dua pucuk helai kain di bagian kanan dan kiri yang saling terikat bermakna sebagai simbol pertemuan antara jagad alit (mikrokosmos) dengan jagad gedhe (makrokosmos).

 

Mengingat keistimewaan blangkon dalam pakaian tradisional Jawa, Pemerintah Kota Surakarta bersama Dinas Pariwisata Kota Surakarta menggelar Blangkon Fest. Acara ini diadakan pada bulan September, tepatnya pada tanggal 9-11 September 2022. Acara berlangsung pada pukul 09.30- 16.30 WIB, yang bertempat di Loji Gandrung. 

Event ini digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta. Ini adalah kelembagaan yang terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kesadaran serta tanggung jawab untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, tujuan diadakannya Blangkon Fest ini sekaligus untuk melestarikan budaya lokal. 

 

Ada berbagai rangkaian acara yang disajikan, seperti pameran, bazaar UMKM, talkshow, workshop UMKM, bedah budaya, atraksi budaya, Tiktok challenge, hingga night performance. Yuk ikut datang dan ramaikan acara Blangkon Fest 2022!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta