Pemerintah Kota Surakarta
Jalan-jalan Murah di Kota Solo
  September 14, 2022 12:15

Memasuki tahun ajaran baru jalanan di Kota Solo kian ramai. Banyaknya pendatang dari kalangan mahasiswa baru di beberapa universitas di Kota Solo telah memadati  akses jalan raya. Tidak hanya mahasiswa, Kota Solo juga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan. 

 

Padatnya lalu lintas kerap membuat masyarakat malas untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Namun, ini bukan sebuah permasalahan tanpa solusi. Saat ini, Pemerintah Kota Surakarta menyediakan layanan transportasi umum yang tentunya aman, nyaman, dan murah. Selain itu, banyak sekali pilihan transportasi umum yang disediakan oleh Pemerintah, di antaranya Batik Solo Trans (BST), Mobil Wisata, Kereta Batara Kresna, dan Jaladara. 

 

Beberapa jenis transportasi tersebut memiliki keunggulan serta keunikan tersendiri sehingga meningkatkan minat bagi para pendatang maupun masyarakat lokal. Apabila Anda berminat untuk menggunakan transportasi tersebut, maka terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan. 

 

Penumpang diharapkan menyiapkan e-money card untuk dapat menggunakan BST. Tetapi saldo tidak akan terpotong alias tidak dipungut biaya. Selain itu, BST merupakan salah satu transportasi umum yang memiliki rute hampir pada seluruh wilayah Kota Solo. Ini akan memudahkan masyarakat lokal maupun wisatawan menjangkau titik-titik tertentu di Kota Solo.

 

Tidak hanya BST, Kereta Batara Kresna juga merupakan salah satu transportasi umum dengan pelayanan dan harga tiket sangat murah. Hanya dengan mengeluarkan Rp4.000,00 (empat ribu rupiah) saja Anda dapat diantar untuk mengelilingi Kota Solo dengan jalur tengah kota. Batara Kresna melaju dari Stasiun Purwosari hingga tujuan akhir di Stasiun Wonogiri. Untuk pembelian tiket juga cukup mudah, yaitu on the spot atau dapat diakses melalui aplikasi KAI Access. 

 

Ada juga, Kereta Api Uap Jaladara yang juga merupakan salah satu transportasi umum di Kota Solo. Kereta Api uap Jaladara merupakan salah satu kereta api uap tertua yang dimiliki oleh Indonesia. Kereta Api Uap Jaladara telah diproduksi di Belanda pada tahun 1986. Bagi anda yang berminat menggunakan Kereta Api Uap Jaladara, Anda harus melalui pemesanan tiket di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta.

 

Fasilitas layanan transportasi umum di Kota Solo memang lengkap dan bervariasi. Hal ini mempermudah masyarakat lokal serta pendatang untuk berkeliling Kota Solo tanpa takut terjebak macet. Jika berkunjung ke Solo jangan lupa mencoba berbagai transportasi ini ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

14

Visits total

425,220

Visitors total

330,602

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta