Pemerintah Kota Surakarta
Gapura Bersejarah di Kota Solo
  September 15, 2022 12:30

Kota Solo dikenal sebagai kota yang masih kental akan budaya dan sejarahnya. Banyak sekali peninggalan bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Sebagai contoh adalah bangunan gapura bersejarah yang tersebar di beberapa titik lokasi di Kota Solo. Terdapat empat bangunan gapura bersejarah di Kota Solo. Gapura-gapura tersebut diantaranya Gapura Gladak, Gapura Klewer, Gapura Batangan, dan Gapura Gading. 

 

Yang pertama Gapura Gladak. Gapura ini merupakan gerbang Keraton Kasunanan Surakarta yang terletak di alun-alun utara. Dulunya gapura ini dibangun sebagai bentuk persembahan komunitas Eropa yang tinggal di Kota Solo. Gapura ini dijadikan sebagai persembahan kepada Sunan Pakubuwana X yang memasuki usia ke 64 tahun. Gapura Gladak berbentuk candi bentar dengan ornamen hias yang berjumlah 48 dan jeruji tembok yang juga berjumlah 48. Di depan gapura ini terdapat dua arca raksasa kembar yang disebut sebagai Reca Pandita Yaksa. 

 

Yang kedua ada Gapura Klewer. Gapura ini terletak di Jalan Dr. Radjiman, Pasar Kliwon. Lokasi tepatnya berada di sebelah barat daya alun-alun utara atau di depan Pasar Klewer. Gapura Pasar Klewer dibangun pada abad ke-18, yaitu pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono X. Selain Gapura Klewer, di bagian pintu keluar Pasar Klewer juga terdapat sebuah gapura bersejarah yang bernama Gapura Batangan. 

 

Yang terakhir ada Gapura Gading. Berlokasi di Alun-alun kidul Surakarta, gapura ini merupakan jalan sekaligus pintu utama masuk menuju Keraton Surakarta. Gapura ini dibangun pada tahun 1932 di masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono X. Gapura Gading memiliki bentuk yang sama dengan gapura yang ada di gerbang masuk alun-alun utara dari arah timur dan barat. 

 

Itulah beberapa bangunan gapura yang memiliki cerita sejarah yang kuat. Walaupun sudah cukup berumur, tapi gapura-gapura tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini. Jika kamu sedang berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk menilik gapura megah nan bersejarah ini. Selain kamu bisa mencari tahu cerita sejarah dibaliknya, kamu juga bisa sekalian berwisata ke masa lalu dengan melihat gapura ini.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta