Pemerintah Kota Surakarta
Sehari Keliling Solo, Bisa Kemana Aja?
  September 15, 2022 13:30

Ada banyak sekali tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Sehingga tidak cukup jika berkeliling hanya dengan satu hari saja. Lalu bagaimana jika kita hanya memiliki waktu untuk berwisata dalam satu hari saja? Adakah tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika ke Solo, dalam waktu hanya satu hari saja? Berikut destinasi wisata di Solo yang bisa kamu kunjungi dalam waktu satu hari saja. 

 

Pertama ada Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran adalah sebuah istana tempat kediaman bagi para raja atau adipati Mangkunegaran. Bangunan ini terletak di Jalan Ronggowarsito, Kecamatan Banjarsari. Kompleks bangunan tersebut terbagi menjadi tiga halaman. Yaitu halaman pertama yang disebut pamedan. Halaman kedua, sebuah bangunan dimana terdapat Pendopo Ageng berbentuk Joglo dengan arsitektur gaya Jawa-Eropa, pada pendopo ini sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan. 

 

Pertunjukan yang dihadirkan di Pura Mangkunegaran ini bermacam-macam. Mulai dari pertunjukan wayang hingga seni tari ditampilkan disini. Jika kamu berkunjung ke Kota Solo, melihat pertunjukan tari di Mangkunegaran menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi.  Pertunjukan tari yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran ini diadakan setiap hari Rabu pada pukul 09.00-12.00 siang. 

 

Setelah kamu berkunjung dari Pura Mangkunegaran, maka destinasi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Radyapustaka. Lokasi dari museum ini juga tak jauh dari Pura Mangkunegaran. Sehingga kamu bisa langsung menuju ke museum dengan jarak tempuh yang terbilang cukup singkat. Lokasinya berjarak sekitar 15 menit dari Pura Mangkunegaran. 

 

Di Museum Radya Pustaka, kamu bisa menjumpai banyak sekali koleksi bersejarah peninggalan kerajaan-kerajaan pada jaman dulu. Selain itu, di museum ini juga terdapat banyak koleksi kesenian peninggalan pujangga-pujangga besar dari Indonesia. Tidak hanya itu, berbagai jenis koleksi wayang juga bisa kamu temukan disini. Selain itu, di museum ini juga banyak terdapat koleksi seperti arca, logam hingga gamelan. 

 

Setelah kamu berkunjung ke Museum Radyapustaka, maka destinasi selanjutnya adalah mencicipi kuliner khas Solo yaitu sate kambing Pak Manto. Karena tak lengkap rasanya jika ke Solo tanpa mengunjungi warung sate favorit wisatawan ini. Warung sate kambing Pak Manto ini berlokasi di Jalan Honggowongso Nomor 36. Di warung ini terdapat menu andalan yaitu sate buntel. Sebuah sate yang memiliki citarasa yang khas, dan tidak bisa kamu temui di daerah manapun. 

 

Setelah makan siang di warung sate Pak Manto, destinasi selanjutnya kamu bisa mencicipi sesuatu yang segar seperti es dawet telasih yang ada di Pasar Gede. Es dawet telasih ini terbuat dari es dawet ketan hitam, jenang sumsum, tape ketan, biji telasih, gula cair, santan, dan tambahan es batu. Es dawet ini cocok sekali diminum siang-siang sehabis berkeliling ke Kota Solo. 

 

Kemudian, untuk destinasi terakhir di Kota Solo, kamu bisa mengunjungi keraton Kasunanan Surakarta dan mencoba untuk naik skuter berkeliling daerah keraton. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa skuter ini cukup terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp15.000-Rp20.000 saja kamu sudah bisa menaiki skuter selama 15 menit. 

 

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Kota Solo dalam waktu satu hari saja. Tertarik untuk mencobanya? Yuk segera berkunjung ke Solo!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

28

Visitors today

17

Visits total

425,324

Visitors total

330,663

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta