Pemerintah Kota Surakarta
Penyerahan Sertifikat Tanah dari Program Daerah Agraria
  September 17, 2022 12:45

Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa mendatangi rumah warga di Joyosuran, Pucangsawit dan Jebres. Kegiatan ini bertujuan untuk menyerahkan Sertifikat Tanah dari Program Daerah Agraria (Proda), pada Rabu (14/9/2022). Terdapat lima titik penyerahan sertifikat tanah ini, yakni satu titik di Joyosuran, tiga titik di Pucangsawit, dan satu titik di Jebres.

 

Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Surakarta menyerahkan sertifikat ini dengan tujuan sebagai pegangan masyarakat atas kepemilikan tanah. Hal ini dimaksudkan agar semua pemilik tanah memiliki data yang legal dan tertulis secara formal. 

 

Adanya kepemilikan tanah yang sah, maka dapat meminimalisir konflik antar warga terkait perebutan hak milik tanah. Dengan demikian, warga akan lebih rukun dan hidup lebih harmonis. Selain itu, administrasi perihal tanah ini akan lebih mudah bila ada sertifikat resmi dari pemerintah.

 

Wakil Walikota Surakarta mengungkapkan kemudahan mengurus berkas dapat dirasakan warga ketika ingin mencari berkas kependudukan, seperti KTP yang mengharuskan adanya berkas pendukung lingkungan sekitar. Diharapkan, dengan pengukuran ulang dapat dipastikan tidak ada perselisihan dengan tetangga, RT dan RW yang jadi saksinya.

 

Kemudian, Wakil Walikota juga meninjau lingkungan sekitar daerah tinjauan Proda ini. Beliau menghimbau pemerintahan desa agar peka dan memperbaiki drainase atau saluran air sepanjang kawasan. Agar tidak ada genangan ketika hujan yang bisa berakibat banjir. Sebab, bulan ini sudah memasuki musim hujan, yangmana intensitas air yang mengguyur akan lebih banyak dari sebelumnya.

 

Jarak drainase yang ditetapkan, yakni per sepuluh meter. Pemerintah Kota Surakarta akan bersedia menyediakan fasilitas untuk pembangunan drainase. Namun, terlebih dahulu warga harus mengajukan proposal yang ditujukan kepada Pemkot. Drainase menjadi perhatian yang cukup penting, sebab mempengaruhi dampak kesehatan warga dan lingkungan sekitar.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,222

Visitors total

330,604

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta