Pemerintah Kota Surakarta
Manfaat Bersepeda bagi Tubuh
  September 18, 2022 12:10

Olahraga yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, baik tua, muda, maupun anak-anak ini merupakan opsi olahraga yang mudah, murah, dan cukup efisien. Aktivitas ini bisa dilakukan dalam berbagai situasi, namun seringnya biasa dilakukan pada pagi, sore, atau malam hari. Kegiatan ini bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok, tergantung kesanggupan masing-masing. 

 

Bersepeda merupakan salah satu olahraga favorit yang menyehatkan dan bisa menjadi opsi sarana refreshing untuk menghindari kepenatan setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Aktivitas ini merupakan jenis olahraga low-impact exercise. Jenis aktivitas ini banyak direkomendasikan untuk orang-orang yang baru mulai berolahraga, orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas, maupun orang-orang yang rentan mengalami cedera. Maka, manfaat kegiatan bersepeda ini dapat dirasakan oleh tubuh, baik dari segi fisik maupun mental.    

    

Beberapa manfaat bersepeda yang dapat dirasakan dari segi fisik di antaranya, memperkuat otot kaki, memperkuat otot inti, menjaga berat badan ideal, meningkatkan kebugaran tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi motorik dalam tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, meningkatkan kesehatan paru-paru, dan masih banyak lainnya. Selain bermanfaat dari segi motorik, bersepeda juga cukup efektif membantu dari segi emosional atau mental seseorang, seperti mengurangi kecemasan dan depresi.

 

Untuk menghasilkan manfaat yang lebih optimal, tak jarang orang berpendapat bahwa bersepeda lebih baik dilakukan di pagi hari. Tetapi, hingga saat ini belum ada penelitian menyebutkan kapan waktu spesifik yang baik untuk melakukan aktivitas bersepeda. Sehingga, baik pagi, sore, maupun malam hari memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Waktu bersepeda yang baik ialah ketika seseorang bisa menyesuaikan aktivitas bersepedanya berdasarkan jadwal harian, agar tidak mengganggu kegiatannya yang lain.

 

Meskipun bersepeda merupakan olahraga yang terbilang cukup aman, namun terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan agar mencegah risiko terjadinya cedera. Beberapa tips tersebut yaitu, pilih sepeda yang pas dan nyaman, periksa kondisi sepeda sebelum berkendara, gunakan pelindung kepala, siku, dan lutut, gunakan sunscreen dan kacamata hitam apabila bersepeda di siang hari, jangan menggunakan pakaian longgar yang mudah tersangkut rantai, patuhi peraturan lalu lintas apabila berkendara melewati jalan raya, serta hindari penggunaan earphone ketika berkendara.

Bersepeda memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain bisa meregangkan otot, sekaligus refreshing pikiran. Sebab, dengan bersepeda kita dapat menjangkau tempat-tempat baru. Meskipun demikian, sebelum bersepeda, pastikan perlengkapan keamanan ya! Agar kegiatan bersepeda semakin aman dan nyaman.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

38

Visitors today

35

Visits total

414,650

Visitors total

324,774

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta