Pemerintah Kota Surakarta
Jaga Kelestarian Taman Kota
  September 22, 2022 13:05

Jika kamu menjelajahi setiap sudut Kota Solo, akan banyak menemukan pepohonan dan tanaman yang tumbuh rindang. Selain itu, Solo juga memiliki beberapa spot taman dengan beraneka jenis tanaman hias. Hal inilah yang membuat suasana kota menjadi lebih asri dan sejuk. Di samping itu, pepohonan dan tanaman yang dengan sengaja ditempatkan di tengah kota akan menambah ruang terbuka hijau di Solo. Demikian, dapat membantu mengurangi polusi udara dari asap kendaraan maupun aktivitas produksi lainnya.

 

Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta selalu meninjau dan memantau kualitas taman kota. Mulai dari jenis tanaman yang dipelihara hingga proses perawatan yang meliputi penyiraman dan pemupukan secara rutin. Dengan begitu, tanaman akan tumbuh dengan subur. Sehingga, manfaatnya pun bisa dirasakan setiap orang yang datang ke Kota Solo.

 

DLH juga punya agenda rutin untuk kegiatan pemotongan pohon. Adapun ini dilakukan dengan tujuan untuk memilih dan memilah pohon mana yang harus dilakukan pemangkasan sebagian maupun pemotong. Karena, pohon yang tumbuh di tepi jalan tersebut, beberapa telah berusia ratusan tahun. Oleh karena itu, diperlukan perawatan ekstra agar tidak menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan yang berada di dekatnya. Terlebih pada musim hujan yang rawan akan pohon tumbang.

 

Pentingnya menjaga lingkungan tak hanya kewajiban bagi pemerintah saja. Namun, kita juga bisa turut andil dalam perawatan taman kota. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keasrian taman kota:

  1. Jangan menginjak rumput taman, 
  2. Menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, 
  3. Hindari menempel gambar atau spanduk di pohon,
  4. Jangan memindahkan atau mengambil tanaman hias,
  5. Tidak merusak fasilitas publik, seperti bangku taman.

 

Banyaknya pepohonan yang tumbuh di sepanjang jalan perkotaan akan memberikan kesejukan bagi pengguna jalan. Diharapkan juga, kondisi ini mampu mengurangi polusi udara, memberi kesan asri, dan dapat menyerap air hujan (resapan air). Dengan begitu cadangan air tanah akan tetap terjaga keberadaannya. 

 

Meskipun pembangunan gedung-gedung di Kota Solo terus ada, kita juga harus menyeimbangkan lingkungan dengan mempertahankan ruang terbuka hijau, seperti taman kota. Diperlukan kerja sama yang solid antar seluruh pihak, supaya Solo mampu menjadi kota yang sejuk nan asri. Oleh karena itu, mari ikut menjaga lingkungan kota dengan tidak merusak fasilitas yang telah dipersiapkan untuk masyarakat.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

260

Visitors today

206

Visits total

380,856

Visitors total

298,075

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta