Pemerintah Kota Surakarta
Bahaya Menggunakan Software Bajakan
  September 27, 2022 12:15

Pada era saat ini banyak aktivitas yang memerlukan PC beserta software yang terdapat di dalamnya untuk berbagai keperluan. Software atau perangkat lunak merupakan beberapa instruksi yang berupa bahasa, kode, dan skema. Dalam hal ini software, apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi tersendiri atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk penyiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut. Hal tersebut berdasarkan Pasal 1 ayat (8) Undang-undang Hak Cipta Nomor 19 tahun 2002.

Semakin meningkatnya kebutuhan akan software saat ini, maka banyak sekali oknum nakal yang melakukan pembajakan software dan didukung dengan banyaknya penikmat software bajakan. Penggunaan software bajakan biasanya dikarenakan keinginan untuk terhindar dari tagihan lisensi software resmi. Ada juga oknum yang menggunakan software bajakan dikarenakan ketidaktahuannya mengenai software resmi. 

Penggunaan software bajakan justru memiliki resiko yang sangat mengkhawatirkan. Berikut ini risiko yang dapat ditimbulkan dari penggunaan software bajakan.

  • Tidak mendapat pembaruan

Penggunaan software bajakan memiliki kelemahan, yaitu tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pembaruan. Hal tersebut sangat disayangkan karena pembaruan software menawarkan berbagai fitur up to date yang menarik sesuai dengan perkembangan teknologi.

 

  • Kinerja tidak optimal

Penggunaan software bajakan memiliki risiko lain, yaitu dapat mempengaruhi kinerja perangkat, sehingga menjadi tidak optimal. Hal tersebut dikarenakan pada software bajakan terdapat kemungkinan virus di dalamnya yang dapat merusak dan bahkan menghilangkan data. Terdapat kemungkinan mengalami crash dan terdapat bug. Bahkan ada juga kemungkinan pencurian data dari perangkat yang menggunakan software bajakan.

 

  • Resiko sanksi hukum

Selain risiko yang akan berpengaruh pada perangkat, penggunaan software bajakan tentu saja melanggar hukum. Maka dari itu, pengguna software bajakan memiliki risiko mendapat sanksi hukum yang berkaitan dengan hak cipta.

Menghindari dari penggunaan software bajakan dapat dilakukan dengan cara membeli software hanya dari distributor terpercaya yang resmi, seperti Playstore, App Store, Microsoft Store, Adobe, dan Steam. Hindari membeli software dari situs-situs mencurigakan. Selain itu, jika diperlukan cek keaslian software salah satunya melalui website www.microsoft.com/howtotell

Sebab, dengan menggunakan software resmi akan memiliki banyak keuntungan, antara lain mendapatkan kesempatan pembaruan, kinerja software maupun PC dapat bekerja secara optimal, terhindar dari resiko data rusak, pencurian data, bug, dan crash. Oleh karena itu, gunakan software asli yang resmi, karena hal ini juga merupakan investasi, agar perangkat dapat tetap digunakan secara optimal untuk jangka yang panjang.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

8

Visitors today

3

Visits total

425,391

Visitors total

330,702

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta