Pemerintah Kota Surakarta
Ancaman Flu Saat Hujan Melanda
  October 30, 2022 12:15

Cuaca yang tak menentu, terutama saat curah hujan mulai banyak, akan membuat daya tahan tubuh ikut terganggu. Penyakit yang sering terjadi saat musim hujan tiba adalah influenza atau flu. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Biasanya, seseorang yang telah terkena flu akan mengalami beberapa gejala. Seperti demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk.

Jika kamu sudah terserang flu, atasi dengan cara berikut:

  • Beristirahat dari aktivitas sejenak

Pemulihan tubuh yang sakit, khususnya ketika terserang flu yakni selama 2-3 hari. Usahakan untuk tidak melakukan berbagai aktivitas dalam kurun waktu tersebut. Kurangi juga kegiatan fisik berlebihan yang membutuhkan banyak energi. Perbaiki kualitas tidur agar tubuh bugar lebih cepat.

  • Meningkatkan gizi makanan

Tubuh yang terserang penyakit akan lebih lemah dari sebelumnya. Maka kamu harus banyak mengonsumsi makanan bergizi tinggi untuk membantu memulihkannya. Makanan dengan kalori dan protein yang tinggi akan menambah daya tahan tahan tubuh. Makanan kaya protein bisa kamu dapatkan dari hewani (susu, telur, daging) maupun nabati (tempe dan tahu). Konsumsi pula, sayuran serta buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin.

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Jika menderita flu, tubuh akan terasa lemas. Hal ini karena kebutuhan cairan dalam tubuh akan ikut berkurang. Untuk itu, perbanyak minum air, teh, atau jus buah. Maka, hal ini akan mengurangi rasa kering di tenggorokan, mengencerkan dahak dan bahkan efektif membantu menurunkan demam.

  • Sering-sering berkumur dengan air garam untuk mengurangi rasa nyeri di tenggorokan

Virus flu yang menyerang tenggorokan, berpotensi menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Agar keluhan tersebut dapat sedikit terobati, cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Berkumur air garam dipercaya dapat menarik lendir keluar dari jaringan di daerah tenggorokan, sehingga virus bisa dikeluarkan. Oleh karena itulah, tenggorokan akan terasa sedikit lega.

Cara di atas merupakan langkah sederhana untuk mengatasi flu. Namun, jika dirasa gejala flu tak kunjung sembuh dalam kurun waktu 3 hari, segera datang ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Mari jaga kesehatan tubuh, agar aktivitas menjadi lancar, meskipun cuaca berubah tak menentu!

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta