Pemerintah Kota Surakarta
Tetap Hangat di Musim Hujan
  November 5, 2022 12:20

Penghujung tahun memang kerap menjadi puncak datangnya musim hujan. Di Indonesia sendiri musim penghujan biasa terjadi di sekitar bulan Oktober hingga April. Tahun 2022 BMKG telah memperkirakan bahwa musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi lebih awal yaitu sekitar bulan September dengan puncaknya berada pada bulan Desember hingga Januari 2023. Hal ini mengharuskan kita untuk melakukan persiapan guna menghadapi musim penghujan.

Memasuki musim ini, kita akan lebih sering dihadapkan pada kondisi yang tidak menentu, sebab hujan dapat turun secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan terhadap datangnya hujan, kita diharuskan mempersiapkan peralatan yang akan melindungi tubuh dari tetesan air, seperti payung dan jas hujan. Dengan menggunakan alat pelindung diri tersebut, kita tetap dapat mengerjakan berbagai aktivitas meski sedang turun hujan.

Namun, datangnya musim hujan juga kerap membuat tubuh kita cenderung lebih rentan terserang penyakit. Terlebih apabila sering melakukan aktivitas di luar saat hujan turun, maka akan membuat imunitas tubuh menjadi berkurang. Untuk itu, apabila sudah kembali dari aktivitas tersebut, segera lakukan hal ini agar dapat menjaga kondisi tubuh tetap prima, yaitu dengan segera mandi dan keramas. Hal ini dilakukan karena mandi dapat kembali menstabilkan temperatur tubuh, serta membersihkan tubuh dari air hujan yang mengandung partikel polusi.

Selain itu, setelah seharian kehujanan akibat menjalani aktivitas, tubuh akan merasa kedinginan. Ini terjadi karena ketika musim hujan suhu yang ada di sekitar akan turun dan menyebabkan suhu dingin. Kondisi ini yang nantinya membuat daya tahan tubuh akan menurun apabila terlalu sering terpapar guyuran air hujan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melindungi tubuh dari suhu dingin adalah dengan mengenakan pakaian yang hangat, misalnya dengan memakai jaket atau sweater.

Untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh agar terhindar dari ancaman penyakit selama musim penghujan, berikut merupakan beberapa tips yang dapat dipraktikkan:

  • Istirahat yang cukup dan hindari begadang

Selalu usahakan untuk menjaga stamina tubuh dengan istirahat yang cukup. Jangan terlalu memforsir tubuh, sehingga mengabaikan tubuh yang juga membutuhkan waktu istirahat untuk mengembalikan energi yang terkuras. Hindari juga aktivitas begadang karena hanya akan menguras energi tubuh dan membuat istirahat tidak optimal.   

  • Konsumsi banyak air putih

Air putih menjadi sarana detoksifikasi yang baik untuk melepas racun-racun yang ada dalam tubuh.   

  • Olahraga rutin

Pastikan untuk melakukan aktivitas kebugaran jasmani yang bisa dilakukan secara indoor agar tubuh tetap mendapat kesempatan untuk bergerak.

  • Menjaga pola makan dan konsumsi makanan sehat

Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama musim hujan. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat menjadi solusi tubuh tetap bugar. 

Cara-cara di atas bisa kamu terapkan saat intensitas hujan mulai banyak, dan menyebabkan suhu udara menjadi dingin. Dengan menerapkannya, kamu bisa menjaga imunitas tubuh agar tetap terjaga dan bugar.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta