Pemerintah Kota Surakarta
Mendengarkan Radio Konata Sambil Belajar Hasthalaku
  November 7, 2022 12:20

Dalam rangka menyediakan siaran ramah anak, Pemerintah Kota Surakarta bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surakarta menciptakan Radio Konata. Sebuah komunitas radio dengan berfokus pada topik pembahasan yang dapat dinikmati semua kalangan, terutama anak-anak. Adapun siaran yang diberikan berkaitan dengan edukasi mengenai kebutuhan anak hingga usia remaja. Selain itu, diputar pula lagu-lagu anak, sehingga pendengar juga dapat mengenal lagu yang diperuntukkan seumurannya, ditengah semakin berkurangnya pamor lagu anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

Program Radio Konata yang dapat didengar melalui siaran 102.5 FM atau streaming dalam aplikasi Solo Destination ini, di antaranya adalah Hasthalaku. Program tersebut disiarkan setiap hari Jumat, minggu ke-1 dan ke-2, pada pukul 13.00 WIB. Program Hasthalaku bekerja sama dengan Solo Bersimfoni. Ini adalah komunitas yang memiliki tujuan untuk meningkatkan perdamaian (raise of peace) guna menjaga reputasi Soloraya sebagai wilayah yang toleran dan damai. Melalui program Radio Konata, yakni Hasthalaku diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai yang terkandung dalam Hasthalaku. 

Adapun, nilai-nilai Hasthalaku sendiri, terdiri dari:

  • Gotong Royong (Saling membantu – Helpfulness)
  • Grapyak Semanak (ramah tamah – Friendly)
  • Guyub Rukun (kerukunan – Harmony)
  • Lembah Manah (rendah hati – Humble)
  • Ewuh pekewuh (saling menghormati – Mutual Respect)
  • Pangerten (saling menghargai – Compassionate)
  • Andhap Ashor (berbudi luhur – Virtuous)
  • Tepa Slira (tenggang rasa – Solidarity).

 Hal ini dilatarbelakangi semakin melemahnya pendidikan karakter dalam kehidupan anak. Pasalnya, banyak anak-anak yang berperilaku dengan tidak mengindahkan nilai-nilai moral. Dikarenakan tontonan dan siaran yang mereka peroleh telah banyak mendapatkan pengaruh dari budaya luar. Sebab, anak lebih mudah menyerap apa yang mereka dapatkan tanpa menyaring terlebih dahulu. Sehingga, yang seharusnya mampu menerapkan nilai-nilai karakter, khususnya budaya Jawa, kini menjadi hilang dan bahkan tidak sama sekali.

Dengan menggunakan media siaran Radio Konata, harapannya dapat menjangkau seluruh pendengar, yang sasaran utamanya anak-anak di wilayah Soloraya. Maka, ini menjadi suatu sarana edukasi yang tepat untuk memberikan pendidikan karakter pada anak. Anak-anak akan lebih memahami nilai-nilai apa saja yang harus mereka terapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dimaksudkan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya tindakan penyelewengan yangmana anak menjadi pelakunya.

Mari, berikan siaran yang sesuai dengan umur anak. Agar mereka mendapatkan pengetahuan dan informasi yang sesuai dengan kebutuhan usianya. Jangan lupa dengarkan Radio Konata ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta