Pemerintah Kota Surakarta
Wisata Bersejarah ke Rumah Budaya Keraton
  November 10, 2022 12:45

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, berkunjung ke Rumah Budaya Kratonan, pada hari Sabtu (6/11). Gibran dan Sandiaga langsung meninjau Museum Rumah Budaya Kratonan yang berisikan sejarah perpolitikan Indonesia. 

Rumah Budaya Kratonan merupakan merupakan ruang kreatif di Solo yang memberikan fasilitas publik, berupa kegiatan edukasi budaya.Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan di Rumah Budaya Kratonan, seperti latihan menari, latihan gamelan, latihan bahasa Jawa, latihan bahasa Inggris, dan diskusi-diskusi budaya melalui buku maupun film. 

Sandiaga memberikan apresiasi keberadaan Rumah Budaya Kratonan sebagai salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Solo. Beliau senang dengan sajian destinasi sejarah yang dikemas kekinian sehingga mampu menarik generasi muda. “Tadi masuk nggak kebayang apa yang mau saya lihat, tapi ternyata ada perpaduan antara sejarah yang sangat kental dan budayanya, tapi juga ada kekiniannya. Ada tempat selfie, dan ada spot foto yang menjadi daya tarik wisatawan,” ungkap Sandi.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga juga mendorong agar Kota Solo menyiapkan event dan paket destinasi wisata dalam upaya membantu pemerintah mencapai target perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2023 mencapai 1,4 miliar kunjungan. “Tentunya kita harus bersiap-siap banyak event yang masuk ke Solo untuk peningkatan jumlah wisatawan agar mencapai pergerakan wisatawan sebesar 1,4 miliar pada tahun depan,” jelasnya. 

Selain mengunjungi museum, Sandiaga juga menyempatkan diri untuk berdiskusi bersama para pelaku Ekraf dan Budaya. Ia memberikan saran-saran bagaimana agar wirausaha muda dapat berkembang dengan memanfaatkan teknologi dan perkembangan zaman. Sandiaga menjelaskan bagaimana menjalin sinergi dan kolaborasi tetapi tidak melulu hanya dengan pemerintahan tetapi dengan berbagai macam instansi yang ada. “Menjalin kolaborasi dan bersinergi dari berbagai macam instansi terbuka untuk mendukung kegiatan-kegiatan di bidang Budaya dan Pariwisata,” papar Sandiaga.

Kunjungan Menparekraf kali ini, diharapkan dapat mendorong keberlangsungan tempat wisata di Kota Solo menjadi lebih baik kedepannya. Dengan begitu, mampu menarik wisatawan yang lebih banyak. Hal ini sekaligus menjadi langkah untuk mengenalkan kota ini kepada masyarakat luas. Apabila berjalan dengan lancar, perekonomian masyarakat pun akan naik. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah Kota Solo, yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakatnya. Yuk, jaga dan lestarikan aset budaya di sekitarmu!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,596

Visitors total

330,820

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta