Pemerintah Kota Surakarta
Yuk, Jaga Kawasan CFD Bersih dari Sampah!
  November 13, 2022 12:30

Solo Car Free Day atau SCFD merupakan kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di Kota Solo. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Surakarta juga mengeluarkan larangan untuk menggunakan kendaraan selama kegiatan berlangsung. Tidak hanya itu, membuang sampah sembarangan juga menjadi salah satu larangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk menjaga lingkungan SCFD tetap nyaman digunakan. 

Fenomena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan di lingkungan Solo Car Free Day ini cukup memprihatinkan. Masih banyak warga sekitar yang kurang paham betapa pentingnya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Untuk menangani hal tersebut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta menggandeng berbagai pihak untuk mengedukasi hingga melakukan penindakan bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan di agenda SCFD. 

Seperti yang kita ketahui, membuang sampah sembarangan merupakan tindakan negatif yang bisa menyebabkan berbagai masalah lingkungan. Sampah yang dibuang di tempat umum seperti taman dan jalanan bisa menyebabkan timbulnya aroma busuk. Aroma busuk tersebut tentu sangatlah mengganggu. Selain itu aroma busuk yang dikeluarkan oleh sampah juga berpengaruh terhadap pencemaran udara. 

Aroma busuk dari sampah ini akan mengundang lalat, nyamuk, dan berbagai macam serangga lainnya. Jika dibiarkan tentunya hal ini akan berdampak buruk dan menyebabkan lingkungan menjadi kotor. Lingkungan yang kotor tersebut bisa berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit. Seperti demam berdarah, gangguan pernapasan, dan lain sebagainya. Selain itu sampah yang secara terus menerus dibuang ke jalan, jika tidak dibersihkan lama-lama akan menumpuk. Sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya banjir. 

Tentu kita tidak ingin hal buruk tersebut menimpa kita bukan? Maka dari itu perlunya kesadaran pada diri kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini harus selalu diterapkan dimanapun dan kapanpun kita berada. Seperti halnya saat kita sedang berkegiatan di Solo Car Free Day. 

Himbauan agar tidak membuang sampah sembarangan ini juga bermanfaat bagi semua lho. Hal ini dilakukan demi menjaga lingkungan SCFD yang bersih dan bebas dari sampah, sehingga nyaman untuk digunakan. Yuk, budayakan jangan buang sampah sembarangan!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

48

Visitors today

44

Visits total

414,660

Visitors total

324,783

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta