Pemerintah Kota Surakarta
Masjid MBZ Diresmikan Hari Ini
  November 14, 2022 12:45

Tepatnya pada tanggal 14 November 2022, diadakan acara untuk meresmikan berdirinya Masjid Sheikh Zayed. Adapun acara ini berlangsung dari pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB. 

Turut hadir Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan didampingi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Diketahui Presiden Jokowi telah tiba di Solo sejak hari Minggu (13/11) sore. Kemudian, Presiden UEA tiba pada Senin (14/11) dari Bandara Adi Soemarmo langsung menuju ke Masjid Sheikh Zayed, yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari.

Untuk mendukung pelaksanaan acara peresmian, dilakukan rekayasa lalu lintas. Hal ini dimaksudkan untuk menutup sementara Jalan Ahmad Yani, dimana lokasi Masjid Sheikh Zayed berada. Penutupan jalur dimulai dari Simpang empat Ngemplak hingga Simpang tiga Gilingan. 

Adapun rute yang dilalui rombongan tamu undangan untuk sampai ke Masjid Sheikh Zayed, meliputi Bandara Adi Soemarmo-Colomadu-Jalan Adi Sucipto- Jalan Slamet Riyadi- Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Ahmad Yani.

 Sementara, untuk lokasi parkir yang disediakan bagi rombongan VVIP, berada di halaman masjid. Sedangkan, semua tamu undangan lainnya, bisa melakukan drop off dan parkir di Terminal Tirtonadi dari pukul 05.00 WIB. Agar memudahkan menjangkau lokasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta menyiapkan shuttle bus sebagai fasilitas transportasi para tamu undangan dari Terminal Tirtonadi ke Masjid Sheikh Zayed, baik untuk berangkat dan kembalinya.

Dalam rangka menyambut kedatangan tamu undangan, sejumlah anak Sekolah Dasar (SD) kelas 4, 5, 6 serta beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditugaskan untuk menjadi pagar betis dengan membawa bendera yang ditentukan. Bagi sekolah-sekolah PAUD, SD, dan SMP yang tidak ditunjuk untuk masuk sekolah dari pukul 08.00 WIB.

Rencananya, setelah diresmikan, Masjid Sheikh Zayed akan dibuka secara umum. Sehingga seluruh kalangan masyarakat dapat mengunjungi masjid yang dibangun mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Menyusul dibuka dan diresmikannya Masjid Sheikh Zayed ini, diharapkan dapat menambah ikon wisata religi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Solo. Terlebih di area belakang masjid tersebut berdiri pula Islamic Center, yang juga dapat dijadikan kawasan untuk menyelenggarakan event-event keagamaan (Islam). Saat berwisata ke lokasi ini, jangan lupa selalu menjaga kebersihan ya!

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta