Pemerintah Kota Surakarta
5 Alasan Mengapa Kita Harus Menggunakan Produk Lokal
  November 18, 2022 11:05

Penggunaan barang impor atau produk buatan luar negeri masih tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini tentu cukup membuat prihatin mengingat masih banyak produk berbasis kearifan lokal berkualitas baik ditemui di Indonesia. Namun sayangnya keberadaan produk berbasis kearifan lokal ini keberadaanya masih belum berdampak besar. Hal ini dikarenakan produk lokal belum mampu memenuhi jumlah permintaan yang tinggi, serta produk lokal juga masih sepi peminat.  

Padahal jika dilihat-lihat sebenarnya produk lokal buatan Indonesia ini dapat bersaing dengan produk impor lainnya lho. Banyak produk-produk lokal buatan Indonesia yang memiliki kualitas yang tak kalah bagusnya dengan produk buatan luar negeri. Namun rendahnya kesadaran dari masyarakat inilah yang membuat produk lokal tidak terlalu eksis.

Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus bangga dan ikut menggunakan produk lokal. Karena dengan menggunakan produk lokal, berarti kita ikut memajukan bisnis UMKM serta membantu mewujudkan pembangunan dan kemandirian bagi desa,  pedesaan, daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T). Selain itu terdapat 5 alasan lain, yang mengharuskan kita menggunakan produk lokal. Alasan-alasan tersebut diantaranya: 

  • Turut mendukung dan mengembangkan UMKM lokal 

Dengan mencintai produk buatan negeri sendiri, berarti kamu telah peduli dengan usaha UMKM yang ada di Indonesia. Selain itu membeli produk lokal merupakan suatu bentuk nyata dalam membantu memajukan UMKM serta perekonomian Indonesia. Sehingga bisa memberikan peluang bagi UMKM untuk berinovasi, dan berkreasi menciptakan ide untuk hasil yang lebih baik. 

  • Turut membuka lapangan pekerjaan

Jika kita menggunakan produk lokal, maka para pebisnis dan brand lokal atau UMKM akan membutuhkan banyak tenaga dalam memproduksi produknya. Dari situlah lapangan kerja tercipta dan tersedia. Sehingga tingkat pengangguran berkurang, dan bisa menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. 

  • Produk yang dihasilkan berkualitas dan memiliki harga yang murah

Sekarang ini banyak sekali produk buatan lokal yang memiliki kualitas standar internasional. Sehingga produk buatan lokal ini dapat disejajarkan dengan produk buatan luar negeri lainnya. Bahkan banyak juga produk lokal yang kualitasnya lebih baik dibandingkan produk internasional. Meskipun begitu, produk-produk buatan dalam negeri ini memiliki harga yang murah dan relatif terjangkau. Dan itulah yang menjadikan alasan, mengapa kamu harus menggunakan produk buatan lokal.

 Meningkatkan devisa dan memajukan perekonomian Indonesia

Jika kita memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk lokal, itu berarti kita telah membantu meningkatkan devisa negara. Hal ini berarti kita ikut andil dalam memajukan perekonomian Indonesia. 

  • Membuat produk lokal semakin dikenal

Jika kita memakai produk lokal, maka kita akan membantu produsen untuk semakin dikenal dan akhirnya memiliki banyak permintaan. Dengan meningkatnya permintaan produk, maka para pelaku usaha lokal seperti UMKM memiliki peluang lebih untuk mengembangkan bisnisnya. Sehingga produknya bisa dikenal dan digunakan oleh banyak masyarakat. 

Itulah beberapa alasan mengenai, mengapa kamu harus menggunakan produk lokal. Sebagai warga negara yang baik kita harus bangga dengan produk buatan negeri sendiri. Hal ini dilakukan demi terciptanya kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia,

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,532

Visitors total

330,782

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta