Pemerintah Kota Surakarta
Isi Piringku Dengan Makanan Sehat
  November 20, 2022 13:00

Hadirnya globalisasi di tengah kehidupan masyarakat telah sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap gaya hidup masyarakat, terutama dalam hal pola konsumsi makanan. Perubahan pola konsumsi makanan ini dipicu oleh kehidupan di era modern yang serba praktis dan cepat, sehingga menjadikan masyarakat lebih sering berpikir sederhana dan tidak terlalu memperdulikan asupan pola makan sehat. Hal ini yang pada akhirnya menuntun masyarakat ke arah pola konsumsi makanan yang tidak sehat.

 

Perubahan gaya hidup ini menyebabkan banyak masyarakat mulai mengonsumsi makanan dengan hanya mengutamakan kepuasan pribadi tanpa mempertimbangkan asupan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Padahal, pola konsumsi makanan yang tidak sehat akan menjadi kebiasaan dan menyebabkan tubuh kekurangan serat serta nutrisi yang berguna bagi optimalisasi metabolisme tubuh. Untuk itu, dibutuhkan konsumsi asupan yang memiliki gizi baik dan seimbang sebagai sumber nutrisi dan energi.

 

Makanan sehat merupakan jenis kelompok makanan yang mengandung berbagai nutrisi, yang biasa dikenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna. Syarat makanan sehat ialah makanan yang bersih dan memiliki gizi seimbang. Keseimbangan makanan dilihat dari kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Masyarakat juga dianjurkan untuk mengonsumsi menu yang beragam, sebab dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan akan memberikan nutrisi yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan.

 

Seiring berkembangnya zaman, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengenalkan konsep gizi seimbang dengan istilah yang lebih spesifik, yaitu “Isi Piringku.” Konsep ini merupakan gambaran dari komponen nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk satu kali makan. Pembagiannya berupa:

  1. Makanan pokok (nasi atau penukar, seperti kentang, mie kering, dan lainnya) sebaiknya dikonsumsi sebanyak ⅓ dari piring makan kita
  2. Lauk pauk (sumber protein dan lemak, berupa telur, daging, kacang-kacangan, dan lainnya) sebaiknya dikonsumsi sebanyak ⅙ dari piring makan kita
  3. Sayuran sebaiknya dikonsumsi sebanyak ⅓ dari piring makan kita
  4. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi sebanyak ⅙ dari piring makan kita.

 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh, selain mengonsumsi makanan sehat seperti yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, masyarakat juga dapat menerapkan gizi seimbang dengan memberlakukan langkah berikut:

  1. Makan aneka ragam makanan setiap hari
  2. Makan makanan yang mencukupi kebutuhan energi harian
  3. Batasi konsumsi lemak
  4. Gunakan garam beryodium
  5. Konsumsi zat besi
  6. Biasakan sarapan
  7. Banyak makan buah dan sayur
  8. Minum air yang cukup
  9. Olahraga teratur
  10. Hindari minuman beralkohol. 

 

Maka dari itu, sebagai asupan yang memberikan pengaruh cukup penting bagi tubuh, konsumsi makanan sehat dan bergizi sudah seharusnya menjadi kewajiban. Jadi, marilah kita mulai mengonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta