Pemerintah Kota Surakarta
Ada Urusan Administrasi? Yuk, Datang ke MPP!
  November 21, 2022 12:45

Kebanyakan masyarakat akan merasa gusar jika akan mengurus administrasi, dimana masyarakat mengalami beberapa kendala tiap akan mengurusi administrasi. Masyarakat Surakarta yang memiliki kepentingan untuk mengurus administrasi harus mendatangi kantor pemerintahan atau swasta tertentu untuk mengurus kepentingannya yang berkaitan dengan administrasi. Waktu yang dibutuhkan dalam mengurus administrasi pun terbilang lama, hal ini tergantung dari setiap institusi. Untuk mengurai permasalahan yang dialami masyarakat ini, maka Pemerintah Kota Surakarta membuat Mal Pelayanan Publik (MPP).

 

Kehadiran MPP di Surakarta sudah ada sejak 28 Agustus 2020 setelah diresmikan oleh Menteri PANRB yaitu Tjahjo Kumolo. MPP sendiri menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki Pemkot Surakarta guna memberikan pelayanan administrasi dengan cepat dan terpadu satu pintu. Masyarakat Surakarta dapat mengetahui lokasi MPP ini berada di  Jl. Jenderal Sudirman No. 2 Kota Surakarta. MPP sendiri pengelolaannya berada di  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Bangunan dari MPP terdiri dari lima lantai, dimana lantai satu difungsikan sebagai tempat layanan 21 organisasi perangkat daerah (OPD), lantai dua sebagai pelayanan instansi vertikal dan Provinsi Jawa Tengah, lantai tiga sebagai kantor DPMPTSP, serta lantai teratas digunakan untuk ruang pertemuan.

 

Pelayanan MPP sendiri memiliki jam operasional hari Senin-Kamis pukul 08.00-15.00 WIB dan Jumat pukul 08.00-11.00 WIB. Terdapat pelayanan pendampingan OSS yang dilakukan pada hari Jumat 13.00-16.00 WIB dan Sabtu 08.00-12.00 WIB. Pada MPP ini sendiri terdapat 337 jenis pelayanan yang dapat digunakan masyarakat, dimana ini terdiri dari 184 pelayanan OPD Kota Surakarta, 177 berupa pelayanan instansi vertikal, 11 pelayanan BUMN/D, dan 4 pelayanan swasta.  Masyarakat yang datang ke MPP datang memilih pelayanan mana yang mereka butuhkan, terdapat petugas yang akan membantu mengarahkan loket atau bagian pelayanan tertentu jika ada masyarakat yang mengalami kebingungan. 

 

MPP dalam mencapai pelayanan terbaiknya, terdapat fasilitas yang dikhususkan untuk kaum disabilitas. Fasilitas ini terdiri dari kemudahan akses menuju gedung, toilet ramah disabilitas, kursi roda, dan terdapat petugas yang siap mendampingi. Selain itu, terdapat fasilitas untuk anak yaitu tempat bermain anak, pojok baca, dan ruang laktasi. Semua fasilitas yang ada di MPP ini membuat DPMPTSP masuk ke dalam 10 perangkat daerah Kota Surakarta dengan indeks kepuasan masyarakat tertinggi pada triwulan 2 tahun 2022. Pencapaian ini membuktikan kepada masyarakat bahwa mengurus perihal administrasi di Kota Surakarta tidaklah sulit dan rumit.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,532

Visitors total

330,782

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta