Pemerintah Kota Surakarta
Aplikasi Pemantau Cuaca
  November 21, 2022 12:15

Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa membuat wilayah ini memiliki sebuah ciri khas, yaitu termasuk dalam negara yang disinari matahari sepanjang tahun. Letak astronomisnya ini juga membuat Indonesia memiliki iklim tropis serta hanya terdiri dari dua musim, yakni musim hujan dan kemarau. Selain itu, letak geografis Indonesia yang berada di pertemuan empat lempeng tektonik membuat wilayah Indonesia rawan terjadinya bencana, seperti gempa bumi dan tsunami. 

 

Sebagai negara dengan iklim tropis, pergantian musim di Indonesia terkadang disertai dengan ciri-ciri seperti perubahan cuaca, suhu, dan arah angin yang cukup ekstrem. Untuk itu, terdapat sebuah lembaga yang bertugas dalam pelayanan terkait cuaca, iklim, dan segala hal mengenai bumi, yaitu BMKG. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adalah satu lembaga pemerintah non departemen yang melaksanakan tugas di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika. 

 

Dalam menjalankan tugasnya, BMKG juga memiliki berbagai fungsi pendukung. Salah satu fungsi yang dijalankan oleh BMKG adalah pelayanan data dan informasi mengenai iklim, cuaca, dan segala aspek yang berkaitan mengenai gejala alam. BMKG juga memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi kepada instansi, pihak terkait, dan masyarakat mengenai perubahan iklim dan peringatan dini yang berkaitan dengan bencana karena faktor meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

 

Untuk menjalankan fungsinya dalam menyampaikan informasi kepada publik, BMKG merilis sebuah aplikasi yang diberi nama “Info BMKG”. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi mobile yang berbasis Android dan iOS yang dapat menyajikan informasi mengenai cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Aplikasi Info BMKG ini tersedia secara gratis dan dapat diunduh oleh pengguna smartphone melalui Google Play Store atau Apple Store.

 

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna sangat direkomendasikan mengatur GPS ke mode high accuracy agar informasi lebih akurat. Di dalam aplikasi ini juga tersedia 5 menu utama, yaitu menu depan (BMKG), cuaca, kualitas udara, gempa bumi, dan tentang.

  • Menu depan (BMKG)

Menampilkan informasi mengenai prakiraan cuaca, info aktual BMKG, peringatan dini cuaca, dan gempa bumi terkini.

  • Menu cuaca

Telah dikelompokkan berdasarkan provinsi masing-masing dengan tampilan prakiraan cuaca 3 harian (hari ini, besok, dan lusa).

  • Menu kualitas udara

Menampilkan grafik dan keterangan kualitas udara setiap jamnya.

  • Menu gempa bumi

Menyediakan informasi lengkap mengenai kejadian gempa, mulai dari waktu, magnitudo, lokasi, dan lainnya.

  • Menu tentang

Berisi informasi mengenai website, glosari cuaca, glosari kualitas udara, dan glosari gempa bumi.

Itulah beberapa informasi mengenai aplikasi pemantau cuaca yang dirilis oleh BMKG. Adanya aplikasi ini akan membantu kita untuk lebih cepat memperoleh informasi harian yang berkenaan dengan cuaca.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

30

Visits total

414,643

Visitors total

324,769

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta