Pemerintah Kota Surakarta
Rekomendasi Jajan Wedhang di Solo
  November 23, 2022 12:30

Kuliner yang cocok dinikmati saat malam hari di Kota Solo salah satunya adalah wedang. Kuliner yang dapat menghangatkan badan ini terdapat aneka macam variasi. Terdapat wedhang ronde berisi bulatan tepung ketan berisi kacang tumbuk, kolang kaling, kacang yang disangrai, dan disiram dengan kuah jahe yang bening.

Ada juga wedhang dongo dengan isian yang hampir sama dengan wedhang ronde tetapi disiram dengan kuah jahe yang lebih pekat. Dahulu kala hanya keluarga kerajaan yang dapat menikmati kuliner ini. Wedhang dongo juga digunakan untuk upacara keagamaan. Misalnya menjadi sajian khas yang ada pada hari-hari sebelum Imlek. Seiring perkembangan waktu saat ini wedhang dongo sudah dapat dinikmati oleh semua orang.

Selain wedhang ronde dan dongo terdapat juga wedhang asle. Wedhang asle biasa dijual bersamaan dengan wedhang ronde. Wedhang ini berisi ketan putih, agar-agar, dan disiram dengan kuah santan yang nikmat.

Berikut ini beberapa rekomendasi lokasi aneka jajanan wedhang di Kota Solo.

  • Wedang Dongo Pak Untung

Mulai berjualan pukul 15.00 WIB. Berlokasi di Jl. Gotong Royong No.107, Sewu, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  • Wedang Dongo Keprabon

Mulai berjualan pukul 17.00 WIB. Berlokasi di Jl. Teuku Umar No.1, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  • Wedang dongo MJ-9

Mulai berjualan pukul 16.00 WIB. Berlokasi di Jl. Brigjend Katamso No.86B, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  • Wedang Dongo Cahaya

Mulai berjualan pukul 17.00 WIB. Berlokasi di Jl. Cokro Baskoro No.40, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  • Wedang Ronde Asle Pak Mar

Mulai berjualan pukul 17.00 WIB. Berlokasi di CRV2+RX2, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  1. Wedang Ronde Asle Laris 

Mulai berjualan pukul 18.00 WIB. Berlokasi di Jl. Agus Salim No.29-33, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  • Wedang Ronde Asle Pak Larno

Mulai berjualan pukul 16.00 WIB. Berlokasi di CRW4+8HF, Jl. Menteri Supeno, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat jajan aneka wedhang di Kota Solo. Rata-rata harga aneka wedhang yang ditawarkan pada beberapa lokasi di atas yaitu berkisar Rp7.000 sampai Rp8.000. Harga yang begitu ekonomis sehingga sangat ramah dengan isi kantong. Selain itu cita rasa dari aneka wedhangan tersebut begitu khas. Oleh karena itu apabila berkunjung ke Kota Solo jangan lupa untuk mengunjungi rekomendasi lokasi jajan wedhang di atas.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta