Pemerintah Kota Surakarta
Siapa itu Generasi Jompo?
  November 26, 2022 12:45

Istilah generasi jompo mungkin sudah banyak terdengar oleh para remaja belakangan ini. Istilah ini awalnya berkembang sebagai bentuk ekspresi di media sosial twitter yang memiliki konotasi untuk mengolok-olok remaja dan anak muda yang selalu mengeluh capek. Bahkan ada sebuah cuitan yang berasal dari sosial media twitter, menyebut tentang “starter pack remaja jompo” yang memiliki arti barang-barang wajib untuk penderita “remaja jompo”. Barang-barang tersebut minyak angin, balsam, koyo, dan obat pereda nyeri sendi yang harus selalu disediakan kemanapun pergi. 

 

Istilah generasi jompo ini adalah untuk para remaja yang mengalami kondisi lemah fisik, renta, dan cepat lelah. Selain itu mereka juga merasakan nyeri pinggang, pusing, lelah, meriang, masuk angin, mudah pegal-pegal, dan berbagai kondisi lain yang lazim dialami oleh lansia. 

 

Fenomena generasi jompo bisa terjadi karena para remaja kurang banyak melakukan aktivitas olahraga. Apalagi generasi jompo ini meningkat, disaat pandemi Covid-19 berlangsung. Hal ini dikarenakan pada masa pandemi, semua aktivitas dibatasi sehingga remaja-remaja tersebut hanya bisa berdiam diri di rumah dan tidak melakukan kegiatan apapun. Inilah yang kemudian membuat tubuh para remaja tersebut menjadi mudah sakit dan juga menjadi cepat lelah. 

 

Selain itu terdapat beberapa penyebab yang bisa menyebabkan fenomena remaja tersebut terjadi. Diantaranya kurangnya aktivitas fisik, anemia atau kurang darah, posisi duduk yang salah, gangguan kesehatan mental, dan yang terakhir adalah rokok dan alkohol. 

 

Untuk mengatasi generasi jompo yang dialami oleh para remaja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya yaitu rutin melakukan olahraga minimal dua kali seminggu, rutin melakukan peregangan otot atau streching, meditasi atau yoga, kurangi aktivitas gadget, sesuaikan beban tas bawaan, dan yang terakhir konsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi. 

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai istilah generasi jompo yang sering terdengar belakangan ini. Jika kamu tidak ingin mengalami hal tersebut, maka lakukanlah olahraga secara rutin dan jangan lupa untuk selalu konsumsi buah dan sayur untuk menjaga tubuhmu agar tetap sehat. Karena tubuh yang sehat dimulai dari diri sendiri. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,221

Visitors total

330,603

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta