Pemerintah Kota Surakarta
Transportasi Darat di Kota Solo
  November 29, 2022 12:30

Kota Solo selalu menarik untuk disinggahi. Terdapat banyak tempat wisata baik wisata kuliner, wisata tempat bersejarah, wisata batik, dan masih banyak pilihan lain. Jalan-jalan di Kota Solo semakin mudah karena terdapat berbagai pilihan alat transportasi umum yang dapat digunakan.

 

Alat transportasi umum yang tersedia di Solo menawarkan kenyamanan dengan harga ekonomis. Setiap orang dapat menikmati alat transportasi di Kota Solo baik wisatawan maupun warga Solo asli. Berikut ini pilihan alat transportasi di Kota Solo.

 

  • Bus BST (Batik Solo Trans)

Merupakan alat transportasi umum di Kota Solo berupa BUS. BST di resmikan tahun 2010. Awal mula keberadaan BST hanya melayani rute di area Kota Solo. Namun seiring perkembangannya rute diperluas hingga ke daerah Kartasura, Palur, dan Bandara Adisumarmo. Bus BST beroperasi pada jam 05.00-21.00 WIB. Ongkos untuk naik Bus BST hingga saat ini masih gratis. Sebagai panduan penumpang dapat menggunakan aplikasi teman Bus agar dapat memilih koridor dengan rute yang sesuai.

 

  • Becak

Menjadi salah satu alternatif alat transportasi di Kota Solo. Jika berkunjung ke Kota Solo maka akan menemukan banyak becak terutama di dekat area pasar. Becak menjadi alat transportasi yang ramah lingkungan. Dengan menaiki becak perjalanan untuk berkeliling Kota Solo akan terasa lebih santai. Ongkos becak biasanya disesuaikan dengan jarak tempat tujuan. Hal tersebut dapat disepakati dengan tukang becak yang dipilih.

 

  • KA Batara Kresna

Salah satu alat transportasi yang unik di Kota Solo. Dengan menggunakan KA Batara Kresna maka akan mendapatkan pengalaman berkereta melintasi rel kereta di atas jalan raya. Merupakan kereta api yang menghubungkan daerah Solo-Sukoharjo-Wonogiri. Rute yang dilalui KA Batara Kresna yaitu stasiun Purwosari-Solo Kota-Sukoharjo-Pasar Nguter-Wonogiri. Tiket yang diperlukan yaitu cukup membayar Rp 4.000.

 

  • Angkot Feeder

Sebagai alternatif selain Bus BST. Keberadaan angkot feeder dikarenakan Bus BST belum mampu melayani keseluruhan rute yang ada di Kota Solo. Jam operasional angkot tersebut yaitu pukul 05.00 WIB – 20.00 WIB. Sama seperti Bus BST angkot Feeder hingga saat ini juga masih gratis.

 

  • Mobil Listrik

Merupakan alat transportasi yang dapat digunakan oleh wisatawan di Kota Solo. Mobil listrik di Kota Solo serupa dengan mobil golf akan tetapi menggunakan listrik sebagai energinya. Terdapat 3 rute yaitu Benteng Vastenburg-Pasar Gede-Keraton Kasunanan-Baluwarti-Batik Kauman; Kampung Batik Laweyan-Sondakan-Pasar Oleh-oleh Jongke-Pajang; Pura Mangkunegaran-Stadion Manahan-Pasar Balekambang-Pasar Depok. Jadwal pemberangkatan mobil listrik wisata dimulai dari pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB dan 15.00 WIB. Ongkos untuk menggunakan mobil listrik ini yaitu Rp 20.000.

 

Itu tadi merupakan alat transportasi yang dapat dipilih ketika mengunjungi Kota Solo. Aneka alat transportasi yang disediakan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dengan adanya aneka pilihan alat transportasi tersebut diharapkan wisatawan maupun warga Solo dapat berwisata maupun beraktivitas dengan lebih mudah di Kota Solo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta