Pemerintah Kota Surakarta
Instruksi Penggunaan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)
  November 30, 2022 12:15

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan, Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, yang selanjutnya disingkat PKRT adalah alat, bahan, atau campuran bahan untuk pemeliharaan dan perawatan untuk kesehatan manusia, yangmana ditujukan untuk penggunaan di rumah tangga dan fasilitas umum. Adapun yang termasuk dalam PKRT, antara lain antiseptik luka, hand sanitizer, sabun cuci piring, pelembut pakaian, obat nyamuk, cairan pembersih lantai, dan masih banyak lainnya.

 

Dari beberapa macam PKRT tersebut, terdapat bahan yang berkaitan dengan kesehatan manusia, seperti antiseptik luka dan hand sanitizer. Dapat dikatakan pula kedua bahan tersebut termasuk dalam kategori obat-obatan. Bahkan, penggunaannya pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa anjuran dan instruksi yang harus ditepati ketika menggunakan kedua bahan tersebut. Berikut penjelasannya.

 

Cara aman penggunaan antiseptika luka

  1. Encerkan produk sesuai takaran yang dianjurkan di kemasan ke dalam air sebelum digunakan. 

Biasanya terdapat brosur yang di dalamnya berisi aturan pakai hingga komposisi produk. Baca dan pahami informasi tersebut sebelum menggunakan bahan ini.

  1. Apabila terminum, segera cuci mulut, dan minum banyak air putih atau susu. Seperti yang diketahui, antiseptik luka mengandung campuran dari cairan kimia yang mungkin saja dapat membahayakan tubuh jika tertelan. Oleh karena itu, sesegera mungkin lakukan pertolongan pertama dengan mengonsumsi susu maupun banyak minum air putih. Namun, bila dirasa timbul keluhan lainnya, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.
  2. Jika terkena mata, segera cuci dengan air.

Mata merupakan salah satu area sensitif dalam tubuh. Maka, sebisa mungkin bagian tubuh ini agar selalu steril dan higienis dengan menjaganya dari benda-benda yang mungkin saja bisa melukai mata.

 

Cara aman penggunaan hand sanitizer

  1. Tuang pada telapak tangan.

Hand sanitizer hanya digunakan di telapak tangan. Fungsinya untuk membunuh kuman-kuman serta mensterilkan tangan sebelum menyentuh wajah atau makanan dan minuman.

  1. Gosok secara merata pada telapak tangan.

Supaya tangan dapat bersih sempurna, lakukan gerakan sedikit menggosok pada telapak tangan dan juga sela-selanya. Usahakan menggosok sampai cairan hand sanitizer menyerap dan kering.

  1. Jauhkan dari api.

Bahan-bahan yang terbuat dari campuran kimia, mungkin saja dapat berpotensi menimbulkan kebakaran. Maka, simpan hand sanitizer jauh dari sumber api untuk menghindari kebakaran. 

  1. Hanya diperuntukkan kegunaan luar saja.

Karena mengandung komposisi bahan kimia, oleh karenanya hand sanitizer hanya aman digunakan di luar tubuh. Jangan sampai tertelan atau masuk ke dalam mulut. Sebab, bisa menimbulkan keracunan.

  1. Apabila terkena mata, segera cuci dengan air.

Gunakan hand sanitizer dengan penuh kehati-hatian. Usahakan untuk tidak sampai ke masuk mata, yang merupakan area sensitif tubuh. Akan tetapi, jika sudah terlanjur masuk, langsung bilas dengan air bersih untuk menghilangkan bekas cairan hand sanitizer yang masih menempel.

  1. Hentikan penggunaan bila terjadi iritasi.

Hand sanitizer terdiri dari bahan kimia, salah satunya adalah alkohol. Tidak semua kulit manusia dapat tahan dengan penggunaan alkohol. Bisa saja dosis yang berlebihan menimbulkan iritasi maupun alergi. Hentikan jika hal itu timbul dan kunjungi dokter terkait.

 

Itulah beberapa instruksi yang harus diperhatikan ketika menggunakan PKRT. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan bersama, selalu baca dan patuhi petunjuk pemakaian yang tercantum pada kemasan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta