Pemerintah Kota Surakarta
Sensasi Baru Meeting dalam Bus
  December 1, 2022 12:30

Pemerintah Kota Surakarta memiliki fasilitas mewah yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh kalangan masyarakat. Adapun fasilitas tersebut adalah Bus Meeting Gatotkaca. Armada ini diluncurkan sejak Februari 2018 oleh F.X Hadi Rudyatmo, yang kala itu tengah menjabat sebagai Walikota Surakarta. Sementara, untuk armada yang dipakai adalah modifikasi dari Bus Abiyasa, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada tahun 2017.

 

Bus Meeting Gatotkaca ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin mengadakan meeting atau rapat sambil jalan-jalan keliling kota. Ini merupakan sebuah inovasi baru yang dicanangkan oleh Dinas Perhubungan Kota Surakarta. 

 

Sedangkan, simulasi penggunaanya baru dilaksanakan pada tahun 2020. Yangmana seluruh rangkaian kegiatan simulasi dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Dalam mendukung berlangsungnya simulasi, kegiatan ini diikuti oleh peserta Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2020. Dengan pelatih Widyaiswara dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Semarang yang berjumlah 11 orang.

 

Menilik dari interior Bus Meeting Gatotkaca, yakni didesain sedemikian rupa, sehingga mirip dengan ruangan rapat pada umumnya. Terdapat sebuah meja rapat yang terletak di tengah-tengah kursi sofa di dalam bus ini. Selain itu, ada kursi sofa panjang yang diletakkan berhadap-hadapan di bus dan mampu menampung 10 hingga 15 orang. Tersedia pula proyektor dan LED TV yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan presentasi pada meeting. Ada juga, seperangkat sound system, untuk menunjang kegiatan meeting. Tak hanya itu saja, Bus Meeting Gatotkaca juga menyediakan pemanas air, apabila peserta rapat menghendaki untuk membuat minuman hangat dalam bus.

 

Sensasi yang berbeda tersaji dalam Bus Meeting Gatotkaca. Karena dengan mengikuti meeting dengan bus ini, peserta sekaligus akan dimanjakan dengan mengunjungi wisata-wisata di Kota Solo. Sehingga, dapat mencairkan pikiran penat usai meeting. Rute yang dipilih pun fleksibel, yakni menyesuaikan dengan lalu lintas yang sedang terjadi. Apabila rute yang akan dilewati terpantau macet, maka akan dicari rute yang lebih lancar. Hal ini dapat diketahui dengan fitur Area Traffic Control System (ATCS) yang dimiliki bus. 

 

Masyarakat yang tertarik mencoba meeting dengan suasana berbeda, dapat menyewa Bus Meeting Gatotkaca dengan tarif Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah). Tarif tersebut berlaku selama 3 (tiga) jam pemakaian. Pemesanan dapat dilakukan dengan menghubungi nomor 0856 4200 5156 (Indri) atau 0896 3097 6114 (Amad).

 

Adanya fasilitas ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana penunjang mengembangkan potensi Kota Surakarta sebagai Kota MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition).

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta