Pemerintah Kota Surakarta
Belajar Gamelan untuk Melestarikannya
  December 2, 2022 11:45

Kota Solo yang terkenal sebagai kota budaya ini memiliki beragam kebudayaan dan keseniannya, salah satunya adalah gamelan. Masyarakat Solo sendiri sudah tidak asing lagi dengan keberadaan seni gamelan ini, dimana setiap sekolah negeri yang ada di Solo dari berbagai jenjang memiliki perangkat gamelan yang dijadikan anak didiknya untuk belajar gamelan itu sendiri. Kesenian gamelan memiliki beragam fungsi, mulai dari sarana pendidikan, untuk mengiringi tarian, hingga berguna untuk menyambut tamu penting. 

Keberadaan dari gamelan sendiri dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke Solo. Banyak dari wisatawan yang ingin merasakan bagaimana cara memainkan gamelan, hingga ada wisatawan yang meluangkan waktunya untuk mempelajari gamelan. Bagi para wisatawan ataupun orang dari luar Solo yang ingin belajar gamelan, terdapat beberapa tempat yang dapat digunakan mempelajari gamelan. Berikut ini tiga tempat yang dapat digunakan untuk belajar mengenai gamelan di Solo, yaitu :

  • Sanggar Seni Pawiyatan Padhalangan Surakarta

Tempat ini dapat menjadi rujukan seseorang yang ingin belajar gamelan, dimana sanggar ini berlokasi di Semanggi RT 01/RW 19 Gang Cepaka No. 10, Kecamatan Pasar Kliwon. Pada Sanggar Seni Pawiyatan Padhalangan tidak hanya gamelan saya yang dapat dipelajari, akan tetapi mengenai pewayangan juga dapat dipelajari di sanggar ini. Kegiatan yang diutamakan dari sanggar ini adalah pertunjukan wayang dan sindennya. 

  • Kelompok Karawitan Guyub Rukun

Keberadaan kelompok karawitan ini sudah ada sejak 2002, dimana kelompok ini didirikan oleh Warsito yang juga seorang dalang. Beliau mendirikan Kelompok Karawitan Guyub Rukun dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan terutama karawitan. Pada kelompok ini sering mengadakan latihan rutin untuk mengasah kemampuan dalam menabuh gamelan. Kelompok ini secara mandiri memiliki perangkat gamelan sendiri sejak tahun 2007.

  • Sanggar Seni Gedhong Kuning

Sanggar Seni Gedhong Kuning sendiri sudah berdiri sejak 2014 dengan tujuan untuk melestarikan seni tradisi Jawa, meliputi tarian dan karawitan. Pada sanggar ini banyak anak-anak yang belajar tari dan karawitan, dengan latihan yang diadakan pada hari sabtu bertempat di Taman Balekambang Surakarta. 

Ketiga sanggar di atas dapat menjadi tempat untuk belajar mengenai kesenian gamelan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang untuk belajar gamelan di luar tiga sanggar di atas. Kota Solo sendiri memiliki beberapa sangar yang fokus pada kesenian gamelan dan ini tersebar di setiap kecamatan yang ada di Solo. Belajar gamelan dapat dilakukan oleh siapapun dan di sanggar manapun, hal ini karena satu tujuan dari belajar gamelan adalah untuk melestarikan kesenian ini sendiri.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

18

Visitors today

13

Visits total

425,219

Visitors total

330,601

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta