Pemerintah Kota Surakarta
Edukasi Keamanan Internet Bagi Anak
  December 3, 2022 11:30

Perkembangan teknologi saat ini kian pesat. Salah satu bukti perkembangan teknologi adalah hadirnya internet. Internet dapat diakses oleh berbagai usia tidak terkecuali anak-anak. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka anak yang menggunakan internet perlu pengawasan dari orang dewasa (wali atau orang tua). Pengawasan penggunaan internet pada anak-anak karena internet dapat menjangkau banyak hal. Sering kali hal-hal yang ditampilkan di internet tidak sesuai untuk dikonsumsi oleh usia anak-anak.

Masa kanak-kanak merupakan masa ideal dalam pembentukan sikap dan karakter. Kegiatan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar sangat diperlukan dalam tumbuh kembang anak. Namun realita saat ini kebanyakan anak lebih tertarik berlama-lama berada di depan layar gadget untuk mengakses internet dan berselancar di dunia maya. Peran orang tua sangat diperlukan saat ini untuk mengawasi berbagai kegiatan anak pada saat mengakses internet. 

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk membimbing anak menggunakan internet dengan tepat dan aman.

  1. Letakkan alat untuk mengakses internet (laptop, komputer, hp) di ruangan yang mudah diawasi oleh orang tua & berikan batas waktu yang tegas dalam penggunaan internet setiap harinya agar anak disiplin
  2. Pelajari bersama sarana komunikasi  dan  kandungan  informasi  yang ditawarkan   oleh   Internet sehingga dapat bersama-sama menggali informasi yang bermanfaat
  3. Berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menjawab email atau chat pribadi dari orang yang tidak dikenal
  4. Meminta anak untuk tidak memberikan data pribadi anggota keluarga, alamat alamat  rumah  atau  sekolah, nomor  telepon,  tanggal lahir, password dan data   diri   lainnya   kepada   orang   yang   tak dikenal, ataupun saat mengisi informasi data diri  di  situs  personal.
  5. Meminta   kepada anak-anak untuk tidak mengakses situs  yang  tidak  pantas dan tidak sesuai dengan usia mereka. Selain itu juga beri pengertian mengapa situs-situs tersebut tidak boleh diakses.
  6. Menegaskan  kepada  anak   maupun  remaja  untuk selalu berhati-hati berkenalan dengan orang di internet. Nasihati untuk tidak gegabah bertemu dengan orang yang mereka kenal di internet. Pun jika tetap ingin bertemu upayakan untuk selalu didampingi orang tua atau anggota keluarga lain yang lebih dewasa.

Kehadiran internet memiliki dampak positif dan negatif bagi anak. Namun dampak negatif tersebut dapat dikurangi apabila orang tua senantiasa memberikan bimbingan dan pengawasan yang tepat. Dengan bimbingan dan pengawasan yang tepat hadirnya internet dapat digunakan dengan sebaik mungkin untuk anak bahkan untuk hal-hal positif yang dapat meningkatkan bakat mereka.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta