Pemerintah Kota Surakarta
Cara Mencegah Obesitas
  December 3, 2022 11:45

Semakin meningkatnya perkembangan energi pada saat ini memungkinkan manusia untuk memiliki aktivitas yang tidak begitu berat. Banyak kegiatan yang saat ini telah dijalankan oleh mesin. Selain itu akses untuk mendapatkan makanan kian mudah. Hal-hal tersebut memiliki dampak positif dan negatif bagi manusia. Dampak positif dari adanya perkembangan teknologi adalah berbagai kegiatan semakin terasa mudah. Akan tetapi terdapat pula dampak negatif yaitu timbulnya kebiasaan baru pada manusia yaitu berupa rasa malas dan sifat konsumtif yang meningkat. Hal tersebut secara tidak langsung berdampak bagi gaya hidup yang dapat menyebabkan obesitas.

Obesitas merupakan kondisi pada saat seseorang memiliki berat badan di atas rata-rata. Berat badan seseorang yang mengalami obesitas berada di atas 120% dari berat badan relatif (BBR) atau berada di angka lebih dari 27 dari indeks massa tubuh (IMT). 

Untuk mengetahui berat badan ideal dapat diketahui dengan dua cara berikut ini.


Berat Badan Relatif (BBR) 

Berat Badan (kg) X 100 % 

Tinggi Badan (cm) – 100 

Indeks Massa Tubuh (IMT) 

Berat Badan (kg)

Tinggi Badan X Berat Badan (m2) 

Seseorang yang mengalami obesitas memiliki risiko ancaman kesehatan. Beberapa diantaranya adalah serangan jantung koroner, Stroke, Diabetes melitus (kencing manis), dan Hipertensi (tekanan darah tinggi). Oleh karena itu perlu diperhatikan beberapa hal guna mencegah Obesitas serta risiko yang akan ditimbulkannya.

 Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko obesitas.

  • Melakukan olahraga secara teratur

Dengan olahraga yang teratur maka energi yang dikeluarkan tubuh cukup besar untuk menjaga atau menurunkan berat badan secara berkala. Selain itu olahraga yang teratur dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh atau kebugaran jasmani dan menghindarkan atau meminimalisasi dari berbagai serangan penyakit. 

  • Mengatur menu, pola, dan porsi makan

Tidak hanya berolahraga tetapi pengaturan pola makan juga diperlukan. Hindari makanan cepat saji yang kurang bergizi. Konsumsi sayur dan buah secara rutin. Membatasi konsumsi gula berlebih. Selain itu porsi makan juga perlu diperhatikan. Pastikan mengonsumsi makanan dengan porsi yang tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan 

  • Pembedahan

Tindakan pembedahan dilakukan apabila seseorang telah mengalami obesitas yang sangat berlebihan sehingga sulit untuk beraktifitas. Hal ini juga dilakukan sebagai langkah akhir apabila berbagai prosedur penurunan berat badan telah dilakukan namun hasilnya tidak efisien.

Itu tadi beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas sekaligus berbagai risiko yang dapat ditimbulkan dari obesitas. Kondisi tubuh memang perlu selalu diperhatikan. Menjaga pola hidup sehat merupakan investasi kesehatan untuk masa depan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,203

Visitors total

330,590

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta