Pemerintah Kota Surakarta
Minum Es di Musim Hujan Bolehkah?
  December 5, 2022 12:15

Air es atau minuman dingin memang selalu nampak menarik untuk dinikmati. Sensasi dingin dari air es membuat tenggorokan menjadi segar kembali. Namun tidak jarang orang tua melarang anaknya untuk mengonsumsi air es atau minuman dingin. Hal tersebut karena orang tua sering khawatir bila anak akan sakit karena mengonsumsi air es. Terutama di musim hujan seperti saat ini, banyak orang menghindari mengonsumsi air dingin karena khawatir akan membuat kesehatan tubuh terganggu.

 

Mengutip dari website IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) mengonsumsi air es dapat berdampak bagi mekanisme pertahanan saluran napas melalui dua hal. Pertama, suhu dingin yang dihasilkan oleh air es dapat mengganggu silia (bulu getar) pada saluran napas di hidung sehingga dapat mengurangi kemampuan menyapu bersih mukosilier. 

 

Kedua, suhu dingin pada air es dapat menyebabkan pengerutan pada pembuluh darah yang disebut dengan istilah vasokonstriksi. Hal tersebut berdampak pada aliran darah yang menjadi berkurang sehingga pasokan untuk sistem imunitas juga berkurang. Dalam keadaan demikian, mekanisme pertahanan saluran napas akan mengalami pelemahan dan lebih rentan terhadap serangan kuman dari luar. Dampak dari konsumsi air es juga dapat diperparah pada saat musim hujan, di mana pada saat musim hujan udara akan menjadi cenderung lebih dingin.

 

Pada usia dewasa konsumsi air es di musim hujan bisa saja tidak begitu berisiko dibandingkan dengan usia anak-anak. Maka dari itu cukup masuk akal apabila orang tua sering kali melarang anaknya untuk terlalu banyak mengonsumsi air es. Hal tersebut karena kondisi pertahan tubuh anak-anak pada umumnya belum sekuat dengan kondisi pertahanan tubuh pada orang dewasa.

 

Konsumsi air es sebenarnya tidak selalu berdampak negatif apabila dikonsumsi disaat yang tepat. Misalnya seusai berolahraga suhu tubuh akan meningkat oleh karena itu dapat mengonsumsi air es yang berguna untuk mendinginkan suhu tubuh dan menghindari dehidrasi. Air es juga bagus dikonsumsi untuk meringankan rasa sakit karena dengan mengonsumsi air es maka dapat meningkatkan produksi adrenalin. 

 

Mengonsumsi air es pada saat cuaca panas yang ekstrem juga disarankan karena dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Meski memiliki dampak positif, konsumsi air dingin/es juga harus diperhatikan sesuai kondisi tubuh masing-masing orang dan dapat dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

34

Visitors today

22

Visits total

425,296

Visitors total

330,646

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta