Pemerintah Kota Surakarta
Menjelajahi Keseruan di Kampung Hepi Joho Solo
  December 7, 2022 12:30

Jalan-jalan ke kota Solo memang tidak ada habisnya, banyak tempat yang bisa kita kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner, bahkan wisata religi pun bisa kita jelajah saat berada di kota Solo. Salah satu wisata edukasi yang menarik untuk kita kunjungi adalah Kampung Wisata Joho. 

 

Kampung wisata yang terletak di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri di antara banyaknya kampung wisata di kota Solo. Berbekal harapan warga untuk menjadikan kampung Joho sebagai lokasi wisata, warga pun mulai bergotong-royong dan berkolaborasi untuk membangun kampung, mulai dari membangun taman gantung, membuat lukisan mural, relief, bahkan kebun organik dengan memnafaatkan botol bekas sebagai potnya.

 

Ketika Anda memasuki kampung wisata Joho, maka Anda akan melihat lukisan mural dan relief di sepanjang tembok pada kampung ini. Di kampung wisata ini para warga menjadikan tembok dan pagar sebagai kanvas karya seni visual yang memikat mata. Hal ini berawal dari kreativitas salah seorang warga Joho bernama Marjanto, seorang seniman mural dan relief yang mengekspresikan karyanya di tembok gang masuk ke kampung. 

 

Mural dan relief yang tergambar di sepanjang tembok kampung Joho menceritakan sejarah, pesan singkat, dan sarana edukasi untuk warga dan pengunjung kampung. Mulai dari lukisan berbentuk abstrak hingga lukisan topeng tiga dimensi dapat Anda nikmati ketika berada di kampung Joho ini. Selain itu, juga terdapat mural tokoh nasional, suporter sepak bola, tokoh pewayangan, hingga mural presiden-presiden di Indonesia.

 

Kampung wisata Joho memiliki ornamen yang penuh dengan warna, serta terdapat ornamen organik, yakni tanaman hias dan ornamen non-organik seperti kerajinan tangan dari barang yang tak terpakai. Dengan keriuhan ornamen yang terdapat pada kampung ini, maka sesuai dengan julukan yang disematkan pada kampung Joho, yaitu “Kampung Hepi.” Nama Kampung Hepi diserap dari bahasa Inggris Happy yang merepresentasikan dari bahagia, kebersamaan, guyub dan rukun. 

 

Selain terdapat beragam mural, kampung Hepi Joho juga menyuguhkan berbagai kegiatan dan usaha warga Joho seperti kegiatan literasi bersama anak-anak dan lansia, aneka kerajinan karya warga, permainan tradisional anak-anak, kedai jamu, dan juga terdapat beberapa usaha kuliner. Hal tersebut menjadi salah satu cara warga untuk mengembangkan Kampung Hepi sebagai destinasi wisata. Dan menjadi ciri khas dari Kampung Hepi Solo yang menarik wisatawan. 

 

Jalan-jalan menjelajahi Kampung Hepi Joho selain akan memanjakan mata, juga akan memberikan rasa kesenangan dan keseruan tersendiri. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Kampung Hepi Joho dan rasakan atmosfer keriuhannya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,504

Visitors total

330,765

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta