Pemerintah Kota Surakarta
Wisata Kuliner Bestik, Makanan Khas Solo Rasa Mancanegara
  December 10, 2022 11:15

Menelusuri wisata kuliner Solo, pastinya Anda tak boleh terlewatkan oleh makanan khas Solo yang satu ini. Makanan khas Solo ini diadopsi dari kuliner Eropa. 

 

Konon, awal mulanya nama kuliner ini berasal dari kata “biefstuk” yang merupakan bahasa Belanda atau dalam bahasa Inggris “beef steak”. Yang akhirnya kita kenal dengan nama Bestik. Bestik merupakan makanan atau kuliner peninggalan zaman kolonial Belanda yang juga identik dengan masakan keraton Solo.

 

Bahan utama dari makanan khas bestik adalah daging. Namun, bestik juga bisa dibuat tanpa menggunakan daging. Yaitu bisa menggunakan bagian lain dari sapi seperti lidah dan juga bisa menggunakan daging ayam. Dalam prose pembuatan bestik, daging atau lidah sapi dimasak sampai empuk kemudian ditumis atau digongso bersama bawang bombay dan bumbu-bumbu rempah lainnya.

 

Dalam penyajian bestik, terdapat selembar daun sawi, beberapa potong kentang goreng, dan terdapat mentega leleh di atas bestik. Tidak lupa terdapat tomat dan wortel segar juga. Kemudian Anda juga bisa menambahkan acar yang disediakan penjual untuk memperkaya rasa bestik. 

 

Dalam menikmati bestik, lebih enak jika Anda mencicipi dahulu sensasi rasa kuahnya sebelum Anda menyendok isiannya. Kuah bestik relatif encer cenderung pekat dengan rasa khas dominasi manis asam namun segar. 

 

Bestik tergolong dalam makanan berat, namun demikian bestik juga bisa dijadikan semacam lauk. Karena penjual juga akan menyuguhi Anda sepiring nasi yang terpisah dengan piring bestik.

 

Untuk menikmati makanan khas yang satu ini, di Solo terdapat beberapa lokasi atau kedai yang menawarkan bestik sebagai menu andalannya.

  • Harjo Bestik

Harjo Bestik merupakan salah satu tempat yang terkenal dalam dunia kuliner bestik Solo. Lokasi Harjo Bestik berada di Jalan Radjiman, Serengan. Selain itu, Harjo Bestik juga memiliki beberapa cabang, seperti di Pasar Gading, Nonongan, Pasar Legi dan di Jalan Veteran.

  • Dapoer Bistik Solo 

Dapoer Bistik Solo berada di Penumping, resto ini memadukan konsep tradisional dengan modern.

  • Sumber Bestik Pak Darmo

Ada beberapa lokasi dari Sumber Bestik Pak Darmo ini, seperti di Jalan Radjiman (Jayengan), Jalan Honggowongso,  serta di Makamhaji. Seringkali pengunjung di sini akan dihibur dengan live musik keroncong khas Solo.

  • Warung Bestik Pak Pur

Alamatnya berada di Jalan Yos Sudarso Kratonan dan membuka cabang di Kartasura. 

 

Jadi bagaimana? Sudahkan Anda tertarik untuk mencicipi bestik Solo? Atau Anda sudah pernah mencicipinya? Bagi Anda yang belum pernah mencicipi bestik Solo, tidak ada salahnya untuk mencoba. Rasanya tidak akan mengecewakan lidah Anda, terutama jika Anda tidak terlalu menyukai rasa pedas.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta