Pemerintah Kota Surakarta
Bermain dan Belajar Bersama Radio Konata
  December 12, 2022 12:45

Radio Anak Konata merupakan salah satu program bentukan Pemerintah Kota Surakarta sebagai upaya untuk mewujudkan kota layak anak. Radio ini menjadi satu-satunya radio anak di Indonesia. Radio Anak Konata memuat informasi dan konten seputar anak, seperti lagu anak-anak, dongeng, dan acara bincang-bincang seputar anak. 

 

Meskipun radio ini ditujukan untuk anak-anak, Radio Konata juga menyasar para orang tua untuk menjadi sasaran pendengarnya. Hal ini dilakukan dengan mengundang para akar anak yang akan berbagi cerita dan inspirasi tentang cara mendidik anak. 

 

Selain memberikan konten tentang cara mendidik anak untuk yang ditujukan untuk para orangtua, Radio Konata juga menjadi tempat belajar untuk para penyiar cilik. Saat ini di Radio Konata terdapat belasan penyiar cilik yang secara bergiliran memandu siaran. Rata-rata penyiar cilik tersebut masih duduk di bangku sekolah dasar. 

 

Siaran yang ada di Radio Konata bisa didengarkan selama 24 jam nonstop. Program-program yang ada di radio tersebut, diantaranya pemutaran dongeng anak yang bekerjasama dengan Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta, kemudian ada penayangan rekaman dalang cilik. 

 

Radio Konata juga terdapat program-program lain yang dijalankan secara rutin, seperti Sinau Bahasa Jawa dan Budaya Jawa untuk siswa SD dan SMP. Lalu ada Hasthalaku, Pramuka, Forum Anak Kota Surakarta, dan Forum Anak Kecamatan. 

 

Tak hanya itu saja, setiap hari Jumat pukul 13.00 WIB, di Radio Konata diadakan acara Ngobar atau Ngobrol Bareng Konata dengan mendatangkan narasumber dari berbagai instansi dengan host Program Pelajar SMP. Pada acara tersebut juga disediakan hadiah menarik dan interaksi yang interaktif dengan telepon bebas pulsa. 

Untuk saat ini acara-acara yang ada di Radio Konata tersebut bisa didengarkan melalui Aplikasi Solo Destination, yang dapat diunduh melalui Play Store dan Apple Store di handphone. Kedepannya Pemerintah Kota Surakarta akan memperluas jaringan frekuensi dari Radio Konata, sehingga bisa memberikan manfaat secara luas kepada seluruh masyarakat baik di dalam maupun dari luar Kota Solo. Untuk mendukung pemberian siaran ramah anak, yuk dengarkan Radio Konata

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta