Pemerintah Kota Surakarta
Pengembangan Potensi Wisata Melalui Dinas Pariwisata Kota Surakarta
  December 13, 2022 12:30

Kota Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menarik untuk disinggahi. Hadirnya berbagai wisata budaya dan tradisi menjadi ciri khas dari Kota Surakarta. Keberadaan Kota Surakarta yang telah berdiri lebih dari 250 tahun juga dapat menghadirkan banyak tempat-tempat bersejarah yang berpotensi menjadi lokasi wisata.

 

Beberapa wisata bersejarah di Kota Surakarta yaitu Gedung Loji Gandrung dan Benteng Vastenburg. Di tempat-tempat tersebut kita dapat menelusuri sejarah yang pernah terjadi di Kota Surakarta. Selain itu Kota Surakarta juga menawarkan destinasi wisata lainnya. Destinasi wisata di Kota Surakarta lainnya, yaitu wisata kuliner, wisata kampung batik, wisata budaya, wisata alam, wisata religi, dan masih banyak lainnya.

 

Berbagai potensi destinasi wisata tersebut untuk dapat terus berkembang tentu memerlukan pihak yang mengelola. Oleh karena itu hadir Dinas Pariwisata yang menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk mengelola berbagai potensi destinasi wisata di Kota Surakarta.

 

Kalian dapat menikmati beberapa layanan dari Dinas Pariwisata. Pelayanannya meliputi informasi yang berkaitan dengan sejarah Kota Surakarta, destinasi wisata di Kota Surakarta, tempat penginapan di Kota Surakarta, event dan festival di Kota Surakarta, biro tour dan travel, restoran, dan transportasi wisata di Kota Surakarta. Informasi berkaitan dengan hal tersebut dapat dilihat melalui website berikut ini https://pariwisataSurakarta.surakarta.go.id/.

 

Dinas Pariwisata juga memiliki peran lainnya berkaitan dengan pengadaan destinasi wisata di Kota Surakarta. Peran dari Dinas Pariwisata, yaitu perumusan, penyelenggara, pembinaan, dan pemantauan berkaitan pembinaan sejarah dan pelestarian cagar budaya, destinasi dan pemasaran pariwisata, dan pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Surakarta.

 

Bila ingin mengetahui lebih banyak mengenai pengelolaan pariwisata di Kota Surakarta atau mengurus beberapa hal berkaitan dengan hal tersebut, maka dapat langsung berkunjung ke Kantor Dinas Pariwisata Kota Surakarta. Lokasi dari Dinas Pariwisata Kota Surakarta yaitu berada di Komplek Balai Kota Surakarta, Jl. Jend. Sudirman, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

 

Dengan adanya Dinas Pariwisata di Kota Surakarta diharapkan dapat meningkatkan kualitas pariwisata di Kota Surakarta. Pengelolaan tempat-tempat wisata bersejarah dan destinasi lainnya dengan baik dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung Ke Kota Surakarta. Pengunjung akan merasa nyaman dengan pengelolaan pariwisata yang baik. Dengan begitu Kota Surakarta dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hal tersebut juga dapat berdampak positif bagi perkembangan perekonomian warga Surakarta terutama yang menempati kawasan berdekatan dengan lokasi wisata di Kota Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta