Pemerintah Kota Surakarta
Cara Naik BST Aman dan Nyaman
  December 15, 2022 12:15

Pemerintah Kota Surakarta menyediakan transportasi umum bagi warganya. Demikian, bertujuan untuk memudahkan warga lokal dan wisatawan untuk menjangkau tempat-tempat tertentu di Kota Solo. Adapun transportasi ini bernama Batik Solo Trans atau yang kerap disapa BST. Armada dari BST sendiri terdiri dari 2 (dua) warna, yakni biru dan merah. Pembedanya terdapat pada koridor yang dimiliki. BST terbagi dalam beberapa rute, agar jarak kedatangan bus tidak berlangsung lama. Sehingga, masyarakat tidak kelamaan menunggu di halte pemberhentian. 

 

Berikut tata cara naik BST yang aman dan nyaman:

  • Unduh aplikasi Teman Bus

Dengan menggunakan Aplikasi Teman Bus, Anda bisa mendapatkan informasi seputar cek pemberhentian pada halte terdekat, cek koridor bus, jadwal keberangkatan, hingga waktu kedatangan bus. Aplikasi ini dapat Anda dapatkan melalui Play Store dan App Store. 

  • Tunggu di Halte 

Sebelum naik, Anda bisa menunggu kedatangan bus di halte terdekat yang tertera dalam aplikasi Teman Bus dari posisi Anda. Terdapat tempat duduk yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat, selagi menunggu bus yang datang. Biasanya di halte tertentu, juga akan disediakan papan informasi mengenai rute yang dilewati BST. 

  • Pastikan Nomor Koridor Bus yang Datang

Hal ini tak kalah penting Anda perhatikan, apabila ingin naik BST. Jika bus datang, lihat nomor koridor terlebih dahulu di bagian depan BST. Pastikan, Anda sudah naik BST dengan rute yang melewati lokasi tujuan Anda. Jika masih kurang yakin tentang koridor bus apakah sesuai dengan tempat tujuan, maka penumpang bisa menanyakan kepada sopir bus mengenai tempat tujuan penumpang apakah dilewati oleh bus BST dengan koridor tersebut.

  • Naik dan Tempel Kartu Non Tunai

Selain itu, Anda harus menyiapkan kartu non tunai, seperti tap cash BNI, flazz BCA, e-money Mandiri, dan brizzi BRI. Ini dikarenakan pembayaran BST hanya dilayani dengan e-money saja. Jika koridor bus sudah benar, naik dan tempelkan kartu non-tunai, kemudian duduk di tempat yang tersedia. 

 

Namun, untuk saat ini BST masih gratis atau tidak dikenakan tarif bagi penumpangnya. Sehingga belum memerlukan tap e-money. Fasilitas ini tak hanya bisa dimanfaatkan oleh warga Solo saja, tetapi wisatawan yang datang pun bisa menggunakan BST untuk berkeliling kota dengan nyaman dan aman. Diharapkan, masyarakat lebih mengutamakan BST sebagai transportasi umum dalam bepergian. Sebab ini merupakan salah satu langkah mengatasi kemacetan di Kota Solo. Yuk, naik BST!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

5

Visitors today

4

Visits total

425,857

Visitors total

330,980

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta