Pemerintah Kota Surakarta
Berwisata Religi di Masjid Al-Wustho Mangkunegaran
  December 18, 2022 10:15

Masjid Al-Wustho merupakan masjid yang dimiliki oleh Pura Mangkunegaran. Masjid ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1259 Hijriah atau tahun 1878 Masehi. Setelah selesai dibangun, kemudian pengelolaan masjid ini diserahkan kepada para pengurus masjid yang kemudian diangkat menjadi abdi dalem di Pura Mangkunegaran. 

 

Hingga kemudian ketika Indonesia telah merdeka, pengelolaan masjid ini kemudian diserahkan kepada Kementerian Agama. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Agama tahun 1962 yang menyebutkan, bahwa Masjid Al-Wustho Banjarsari adalah masjid yang diurus dan dipelihara Departemen Agama dengan mengikutsertakan eksponen-eksponen masyarakat. 

 

Sebagai masjid kerajaan, awalnya masjid ini hanya diperuntukkan khusus bagi anggota keluarga kerajaan Pura Mangkunegaran dalam menjalankan ibadahnya. Kemudian seiring berjalannya waktu, masjid ini kemudian dibuka untuk masyarakat umum. 

 

Kompleks Masjid Al-Wustho Mangkunegaran memiliki luas keseluruhan sekitar 400 meter persegi. Bangunan ini dipisahkan dari bangunan yang ada di sekitarnya dengan dikelilingi oleh pagar tembok. Pada tembok bagian belakang memiliki tinggi 3 meter, bagian depan dengan bentuk lengkung setinggi 3 meter. Terdapat gapura di bagian depan masjid yang dihiasi dengan relief tulisan arab. 

 

Gaya arsitektur dari masjid ini tidak jauh berbeda dengan masjid-masjid di Jawa, seperti Masjid Agung Demak, Masjid Agung Surakarta, dan Masjid Agung Keraton Yogyakarta. Masjid ini memiliki bentuk yang khas dengan masjid-masjid kuno yang berbentuk limasan dengan atap tumpang. Kemudian pada bagian halaman masjid ini terdapat gunungan atau kubah yang memiliki tinggi sekitar 3 meter. 

 

Masjid Al-Wustho memiliki ciri khas yang membedakan dengan masjid lainnya, yaitu adanya markis pada masjid. Markis merupakan semacam gapura pintu utama menuju teras yang dihiasi dengan kaligrafi. Selain itu nukilan ayat suci Al-Quran juga menghiasi beberapa bagian masjid, gapura masuk, pintu-pintu, dan jendela. 

 

Masjid Al-Wustho Mangkunegaran terletak di kompleks Pura Mangkunegaran, yang beralamat di Jalan Kartini Nomor 3, Ketelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Bangunan ini merupakan salah satu dari banyaknya wisata religi di Kota Solo. Jika Anda penggemar wisata religi, masjid ini cocok untuk masuk sebagai rekomendasi wisata jika jalan-jalan ke Kota Solo. Bagi wisatawan yang ingin datang berkunjung ke masjid ini, bisa langsung datang ke kompleks Pura Mangkunegaran Surakarta. Yuk, ajak teman dan keluarga untuk wisata religi ke Masjid Al-Wustho Mangkunegaran!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta