Pemerintah Kota Surakarta
Pantau Kolesterol Sebelum Terlambat
  December 30, 2022 08:15

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel yang ada dalam tubuh kita. Sebagian besar kolesterol yang ada pada tubuh kita dihasilkan dan diproduksi oleh sel-sel hati. Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Selain itu kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang pembentukan sel tubuh yang sehat, membuat beberapa jenis hormon, dan membentuk vitamin D. 

 

Namun perlu diketahui juga, bahwa kolesterol yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Tingkat kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, stroke, dan memperburuk sirkulasi darah. 

 

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kolesterol LDL (low density lipoprotein) adalah lemak jahat yang sebagian besar dibentuk di organ hati dan jumlahnya sangat banyak. Kolesterol LDL yang berlebihan akan menempel pada pembuluh darah dan membentuk kerak, jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan atau yang biasa disebut aterosklerosis. Penyumbatan ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke. 

 

Kemudian selanjutnya kolesterol HDL (high density lipoprotein), adalah lemak baik yang dibentuk di dalam organ hati. Kolesterol jenis ini berkebalikan dengan kolesterol LDL. Apabila kolesterol HDL dalam darah memiliki kadar yang tinggi, malah akan membuat tubuh terhindar dari resiko serangan jantung dan penyakit stroke. Hal ini dikarenakan kolesterol HDL bisa mengangkut kolesterol LDL keluar dari saluran peredaran darah, dan dibawa kembali menuju hati untuk diolah dan dibuang. Oleh karena itu kolesterol ini disebut sebagai kolesterol baik. 

 

Kadar kolesterol yang ideal pada orang dewasa yaitu: Kolesterol LDL: 70 – 130 milligram/desi liter, kolesterol HDL: lebih dari 60 milligram/desi liter, kolesterol total: kurang dari 200 milligram/desi liter. 

 

Sementara itu, kadar kolesterol ideal pada anak dan remaja yang usianya kurang dari 19 tahun yaitu: Kolesterol LDL: kurang dari 100 milligram/desi liter, kolesterol HDL: lebih dari 45 milligram/desi liter, dan kolesterol total: kurang dari 170 miligram/desi liter. 

 

Jika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi ambang batas atau ideal, maka akan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit seperti jantung koroner dan stroke. Maka dari itu penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengatur pola makan yang seimbang dan bergizi, serta rendah lemak. Mengurangi konsumsi makanan manis juga bisa membantu menjaga kolesterol dalam tubuh kita. Tak lupa juga diiringi dengan olahraga yang teratur.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

35

Visitors today

7

Visits total

416,050

Visitors total

325,382

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta