Pemerintah Kota Surakarta
Pasar Klewer Dulu dan Sekarang
  December 25, 2022 08:45

Pasar Klewer merupakan salah sebuah ikon perdagangan kain di Kota Solo. Hal ini dikarenakan Pasar Klewer adalah pasar pusat untuk produk tekstil terbesar di Kota Surakarta. Setiap harinya, ribuan pedagang datang ke pasar ini. Pedagang-pedagang tersebut bahkan ada yang berasal dari luar daerah Kota Solo. 

 

Nama Pasar Klewer diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti “baju yang digantung atau menggantung.” Pasar Klewer juga memiliki istilah lain, yakni Pasar Slompretan yang berarti “terompet” yang digunakan sebagai penanda berangkatnya kereta api pada zaman pendudukan Jepang. 

 

Pada masa pendudukan Jepang, di sebelah barat daya Alun-alun Utara difungsikan sebagai “pangkretan,” yaitu tempat untuk berhentinya (tempat parkir) kereta. Pangkretan ini digunakan sebagai tempat pemberhentian kereta-kereta abdi dalem keraton yang kembali dari luar kota seperti Delanggu, Kartosuro, dan Boyolali, untuk menghadiri pertemuan besar seperti hari raya. Yang kemudian istilah pangkretan ini disalah ucapkan menjadi slompretan. 

 

Lalu, lokasi tersebut terlihat kosong untuk waktu yang cukup lama dan juga tidak terpelihara. Yang kemudian lokasi tersebut digunakan untuk berdagang oleh para pedagang tekstil. Para pedagang tersebut menaruh barang dagangannya di pundak (selempang) dan dijajakan kepada orang yang sedang berlalu lalang. Pedagang-pedagang tersebut terlihat mengelewer di pinggir jalan, sehingga munculah istilah “klewer” pada Pasar Klewer. 

 

Pasar Klewer mulai berkembang di tahun 1942-1945, dan mulai mengalami kemajuan yang pesat pada tahun 1968. Pasar Klewer tumbuh menjadi pasar yang ramai dan menjadi pasa tekstil terbesar di Kota Solo. Kemudian, pada tahun 1970 pasar ini dibangun bertingkat agar lebih layak. Selanjutnya, pasar ini diresmikan dan dibuka oleh Presiden Suharto pada tahun 1971. 

 

Saat ini Pasar Klewer sudah mengalami kemajuan dan terlihat lebih modern. Walaupun sempat mengalami kebakaran pada tahun 2014, Pasar Klewer wajah baru yang sekarang telah berhasil diperbaiki dan direnovasi. Renovasi tersebut rampung pada tahun 2017 dan telah dibuka kembali pada tanggal 21 April tahun 2017. Pasar Klewer yang baru kini memberikan wajah baru serta fasilitas yang lebih memadai dan modern, tanpa menghilangkan kesan klasik tradisional dari Pasar Klewer itu sendiri. 

 

Pasar Klewer bisa dijadikan salah satu tempat yang patut untuk dikunjungi, jika kamu sedang berkunjung ke Solo. Karena selain menjual batik, Pasar Klewer juga menjual berbagai macam oleh-oleh khas Solo dan kerajinan tangan hasil karya UMKM yang ada di Kota Solo. Apabila jalan-jalan ke Solo jangan lupa mampir ke Pasar Klewer, ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta